Analisis SWOT: 4 Faktor Utama yang Memengaruhi Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
Analisis SWOT

Jika Anda bertanya apa itu analisis SWOT, kami akan menjelaskannya secara lebih rinci. SWOT singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Secara garis besar, analisis SWOT adalah metode yang digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kekurangan sebuah bisnis. Hal ini terlihat dari fungsinya.

Fungsi analisis SWOT adalah menganalisis data perusahaan untuk mengidentifikasi aspek-aspek penting yang berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan. Metode SWOT juga dapat dimanfaatkan untuk menemukan peluang serta ancaman bagi perusahaan.

Metode SWOT dapat dijalankan dengan melibatkan seluruh departemen atau divisi di suatu perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi salah atau benar terkait tindakan yang dilakukan oleh setiap departemen atau divisi.

Baca juga: Tantangan Bisnis dan Strategi untuk Menghadapinya

Metode Analisis SWOT

Sesuai dengan kepanjangannya, metode SWOT dijalankan berdasarkan empat hal, strength, weakness, opportunities, dan threats. Perhatikan penjelasan selengkapnya berikut.

1. Strength

Strength berarti kekuatan yang ada di dalam perusahaan. Hal tersebut termasuk faktor internal yang patut mendapat perhatian khusus. Dengan mengetahui kekuatan perusahaan, bisnis dapat bersaing dengan kompetitor. Pasalnya, perusahaan dapat mengeksplorasi kekuatan yang dimiliki untuk meningkatkan angka penjualan.

2. Weakness

Selain strength, weakness juga menjadi bagian dari faktor internal sebuah perusahaan. Ketika hendak menjalankan sebuah bisnis, Anda perlu mempertimbangkan kelemahannya. Kelemahan tersebut dapat berupa hal-hal yang menjadikan penjualan menurut hingga penyebab terjadinya kegagalan bisnis atau kebangkrutan.

3. Opportunities

Berbeda dengan dua hal sebelumnya, opportunities termasuk faktor eksternal bagi suatu perusahaan. Pasalnya, peluang bisnis juga tergantung pada beberapa hal, seperti kondisi pasar hingga tren terkini. Anda harus mampu melihat peluang agar dapat membangun usaha yang berhasil dan tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama.

4. Threats

Threats atau ancaman juga menjadi bagian dari faktor eksternal bagi sebuah perusahaan. Setiap usaha yang dijalankan pasti akan mendapat ancaman dari pihak luar. Untuk itu, Anda harus bersiap untuk menghadapinya. Jika perlu, Anda menyiapkan penanganan dari hal-hal yang dimungkinkan mengancam bisnis.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa SWOT berperan penting bagi masa depan suatu perusahaan. Anda dapat juga memanfaatkannya untuk mencapai tujuan perusahaan.