Mengapa Harus Belajar Branding? Simak Alasannya Berikut

Facebook
Twitter
LinkedIn
Belajar Branding 2

Untuk membangun usaha yang sukses, kita perlu belajar branding. Branding berasal dari kata bahasa Inggris yang memiliki arti ‘merek’. Secara lebih rinci, branding adalah bentuk pencitraan terhadap suatu produk atau layanan yang bertujuan supaya konsumen mudah untuk mengingatnya. Dengan begitu, produk atau layanan akan selalu menjadi pilihan pertama.

Jika membahas branding, terdapat juga istilah personal branding. Personal branding adalah pembentukan persepsi publik terhadap diri pribadi. Jika seseorang berhasil membangun personal branding yang baik, ia akan mendapat kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, penting juga untuk belajar personal branding.

Baca juga : Tips Memperkuat Brand Awareness Perusahaan

Mengapa Harus Belajar Branding

Belajar branding dapat kita lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah membaca buku belajar branding. Buku yang bisa menjadi pilihan adalah Brand Society karya Martin Komberger. Kemudian, buku karya Catharine-Slade-Brooking berjudul Creating a Brand Identity: A Guide for Designers. Lewat buku-buku tersebut, kita akan menemukan branding tricks dan contoh branding.

Jika berbicara tentang branding, tentu terbesit pertanyaan tentang manfaat branding. Dengan mengetahui manfaatnya, tentu kita akan lebih semangat dalam mempelajari branding sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Lantas sebenarnya seberapa pentingkah branding? Mari, kita perhatikan alasan pentingnya branding pada penjelasan berikut.

1. Menunjukkan identitas diri yang berbeda

Branding menjadi salah satu cara untuk menunjukkan identitas diri. Dengan membangun branding, seseorang atau suatu perusahaan akan terlihat berbeda dari yang lainnya. Oleh karena itu, dalam membangun branding, seseorang atau suatu perusahaan haruslah menunjukkan sesuatu yang unik dan berbeda.

2. Membuat peluang agar masyarakat lebih mengenal

Setelah menunjukkan identitas diri, tentunya masyarakat akan lebih mengenal secara personal atau perusahaan. Bagi suatu perusahaan, branding dapat memperkuat promosi produk atau layanan. Dengan kata lain, dengan adanya branding akan memudahkan produk atau layanan bersaing dengan produk atau layanan dari perusahaan lain.

3. Menjadi media promosi produk

Seperti penjelasan sebelumnya, kita dapat menyimpulkan bahwa branding dapat menjadi salah satu media promosi produk. Banyak perusahaan yang telah berhasil melakukannya. Jika berhasil, tentunya akan memunculkan brand awareness. Misalnya, untuk produk detergen, orang akan dengan cepat mengingat brand Rinso. Hal ini karena Rinso telah berhasil mendapatkan brand awareness.

4. Menciptakan kepercayaan konsumen

Branding yang positif dari suatu perusahaan dapat meningkatkan nilai suatu produk. Dengan menunjukkan nilai positif tersebut, kepercayaan konsumen terhadap produk juga akan meningkat. Jika konsumen sudah percaya, tentunya produk atau layanan akan menjadi pilihan pertama dan utama.

5. Mendatangkan konsumen baru

Adanya branding juga bisa mendatangkan konsumen baru. Konsumen yang tertarik dengan branding tentunya menjadi penikmat produk atau layanan. Jika konsumen merasa puas, tentu mereka akan mempromosikannya secara gratis. Biasanya, penyebarannya melalui mulut ke mulut sehingga lebih personal.

Membangun Branding yang Efektif

Dari penjelasan sebelumnya, kita bisa mengetahui fungsi branding. Kita dapat mengatakan bahwa branding memiliki fungsi yang krusial, baik bagi diri perorangan atau perusahaan. Oleh karena itu, suatu perusahaan haruslah membuat branding yang efektif. Untuk membuat branding yang efektif, tentu membutuhkan strategi yang tepat.

Selain strategi, perusahaan juga harus memanfaatkan berbagai media. Salah satu media yang bisa menjadi sarana adalah media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan lain-lain. Hal ini berbagai media sosial tersebut memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan dan usia. Perusahaan dapat memaksimalkan konten-konten yang ada di media sosial untuk menunjukkan jati dirinya.