Pahami 4 Manfaat Brand Identity bagi Bisnis Anda!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Brand Identity

Brand identity adalah unsur identitas yang tampak dari sebuah brand. Identitas brand menjadi pembeda antara satu brand dengan brand yang lain. Secara garis besar terdapat dua elemen brand identity, yaitu elemen visual dan elemen nonvisual. Elemen visual berkaitan dengan unsur-unsur yang terlihat dari sebuah brand, seperti logo, tipografi, dan warna. Sementara itu, elemen nonvisual berupa unsur verbal, seperti nama brand dan slogan.

Contoh brand identity dapat Anda perhatikan pada brand McDonald’s. Brand makanan cepat saji ini menunjukkan elemen visual berupa warna merah, putih, dan kuning. Di samping itu, brand ini membuat maskot yang bernama Ronald McDonald. Sementara itu, untuk elemen nonvisual, terlihat dari slogan yang mudah diingat oleh masyarakat, yaitu I’m lovin ‘it.

Baca Juga: Inilah 7 Strategi Cold Calling yang Umum oleh Pebisnis

Memahami Manfaat Brand Identity

Sebuah perusahaan perlu membangun brand identity karena menjadi ciri khas yang membentuk kepribadian atau karakter perusahaan. Di samping itu, identitas tersebut juga menjadi pembeda dari brand lain. Di samping itu, identitas brand juga mendatangkan beberapa manfaat bagi perusahaan sebagai berikut.

Makin dikenal oleh masyarakat

Jika perusahaan memiliki identitas brand yang jelas, tentu masyarakat akan mudah mengenalinya. Bukan tidak mungkin jika membahas suatu produk, brand dari perusahaan Anda yang akan muncul pertama di benak mereka. Masyarakat pun tidak akan ragu untuk memilih produk dari brand Anda.

Mudah bersaing dengan kompetitor

Identitas brand akan membantu Anda menunjukkan keunikan dari brand atau produk yang ditawarkan. Hal ini membuat brand Anda tampak memiliki ciri khas sehingga berbeda dari kompetitor. Alhasil, Anda pun bisa terus bertahan dalam persaingan bisnis yang sehat dan kompetitif.

Membuka peluang mendapatkan pelanggan setia

Bagi Anda yang sedang berbisnis, tentu ingin memiliki pelanggan yang loyal, bukan? Anda harus mulai dengan membangun identitas brand yang kuat. Hal ini akan menjadikan pelanggan merasa lebih dekat sehingga tidak ragu untuk tetap setia menggunakan produk dari brand Anda.

Meningkatkan jumlah profit

Identitas brand menjadikan brand makin dikenal dan mudah bersaing dengan kompetitor, lalu mendatangkan pelanggan setia. Hal ini berujung pada peningkatan jumlah profit atau keuntungan karena banyak produk yang terjual.

Dengan manfaat-manfaat tersebut, Anda harus segera membangun identitas brand. Mulailah untuk menganalisis kondisi pasar dan kompetitor. Kemudian, identifikasilah pelanggan yang menjadi target. Kemudian, siapkan strategi branding yang tepat.