Ketahui Manfaat Branding dengan Media Sosial

Facebook
Twitter
LinkedIn
branding dengan media sosial

Branding dengan media sosial adalah cara efektif membangun citra, baik personal maupun perusahaan, pada masa sekarang. Hal ini tidak terlepas dari maraknya pengguna media sosial di tengah gempuran kemajuan teknologi. Branding dengan media sosial dapat melalui berbagai platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau TikTok.

Social media branding adalah istilah lain untuk menyebut upaya membangun citra melalui media sosial. Branding jenis ini dapat menunjang keperluan marketing. Artinya, perusahaan dapat melakukan promosi melalui media sosial. Contoh konten media marketing adalah membuat video iklan. Pemanfaatan video iklan pada media sosial tentu lebih praktis sekaligus terjangkau daripada di media elektronik.

Manfaat Branding dengan Media Sosial

Branding berfungsi sebagai media pengenalan produk atau jasa perusahaan. Selain itu, tentunya branding dengan media sosial memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat dari social media branding adalah sebagai berikut.

Lebih banyak menjangkau calon konsumen

Branding melalui media sosial memungkinkan untuk terhubung dengan konsumen yang lebih luas. Hal ini karena pengguna media sosial mencakupi seluruh masyarakat dunia. Selain jangkauannya yang lebih luas, perusahaan juga akan menemukan berbagai macam konsumen. Dengan menghadapi konsumen yang beragam menjadikan perusahaan dapat lebih mengerti keinginan pasar.

Visibilitas brand akan meningkat

Karena pengguna media sosial begitu luas, tidak menutup kemungkinan bahwa produk atau jasa yang dipromosikan akan lebih dilihat. Jika menarik, tentu pengguna media sosial akan meliriknya. Hal ini berarti meningkatkan visibilitas brand produk atau jasa tersebut. Visibilitas brand yang meningkat tentunya dapat menjadi pemantik naiknya omzet perusahaan.

Sarana promosi paling efektif

Dapat dikatakan bahwa pemasaran dari mulut ke mulut atau mouth to mouth adalah paling efektif. Namun, di era serba digital seperti sekarang, promosi dengan media sosial yang paling efektif. Kembali lagi hal ini karena pengguna media sosial adalah masyarakat dunia dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Setelah mengetahui manfaat branding dengan media sosial, Anda tentu tidak ragu lagi untuk melakukan branding di media sosial. Namun, dalam melakukan branding, Anda haruslah memperhatikan tiga poin penting, yaitu identitas, target market, dan konten. 

  • Identitas: Penting bagi Anda untuk menyiapkan identitas yang jelas. Jangan sampai, Anda mengganti-ganti identitas, baik itu logo, slogan, atau merek.
  • Target market: Pastikan juga perusahaan Anda mengetahui target market. Dengan mengetahui target market, Anda bisa membuat konten yang sesuai.
  • Konten: Anda juga harus menyiapkan konten yang menarik. Konten juga harus lebih beragam dan unik sehingga berbeda dari perusahaan lain.

Pada intinya, di era serba teknologi seperti sekarang, Anda sebaiknya membuat branding melalui media sosial. Sebelum melakukannya, perlu persiapan matang agar branding dapat berhasil dan tepat sasaran.

Baca Juga: 5 Hal yang Mengancam Acara Perusahaan Anda Gagal