Cara Membuat HPS Pengadaan Barang, Cukup dengan 3 Langkah!

Facebook
Twitter
LinkedIn
cara membuat hps

Cara membuat HPS (harga perkiraan sendiri) penting untuk diketahui oleh perusahaan atau instansi yang kerap melakukan pengadaan barang. Namun, perlu diketahui juga bahwa penyusunan HPS dikecualikan untuk pengadaan dengan biaya di bawah 10 juta rupiah. HPS juga tidak perlukan bagi perusahaan atau instansi yang melakukan pengadaan berbasis elektronik atau e-purchasing. 

Sebelum membahas cara membuat HPS pengadaan barang, ada baiknya kita membahas apa itu HPS. HPS atau harga perkiraan sendiri adalah harga barang atau jasa yang ditentukan berdasarkan data yang dapat dipertanggungjawabkan. Data tersebut dapat berupa harga pasar atau harga pembelian di tahun sebelumnya.

Cara Membuat HPS untuk Pengadaan Barang

HPS digunakan sebagai alat untuk menilai harga barang atau jasa. Dengan kata lain, HPS dapat memperhitungkan biaya pengeluaran untuk proses pengadaan. Di samping itu, HPS juga menjadi acuan untuk melakukan negosiasi dalam proses pengadaan barang dan jasa. Oleh karena itu, HPS harus disusun dengan benar. Ikutilah cara membuat harga perkiraan sendiri (HPS) untuk melancarkan proses pengadaan barang dan jasa.

Pahami tentang HPS

Selain HPS, Anda mungkin akan menemukan istilah SHS. Anda harus bisa membedakan keduanya. HPS adalah harga yang ditentukan berdasarkan data tertentu. Dalam penentuan HPS perlu melakukan survei pasar agar mendapatkan hasil yang tepat. Sementara itu, SHS (standar harga satuan) adalah harga barang yang ditentukan oleh pejabat setempat. 

Gunakan Data yang Akurat

HPS dapat dijadikan sebagai dasar untuk membuat rencana anggaran belanja barang atau jasa. Oleh karena itu, data yang digunakan haruslah akurat. Anda dapat melakukan survei terhadap pelaku usaha barang tertentu. Jika ingin lebih praktis, mengecek website pelaku usaha bisa dilakukan. Hal ini berlaku apabila pada website dicantumkan harga barang.

Susun dengan Teliti

Menyusun Harga Perkiraan Sendiri harus dilakukan dengan teliti agar mendapatkan angka yang tepat. Anda bisa menghitung rata-rata dari data yang diperoleh untuk mendapatkan HPS. Jika hendak merancang anggaran yang antisipatif, Anda bisa menggunakan harga tertinggi yang ditemukan selama mencari data.

Itulah serangkaian cara membuat hps pengadaan yang bisa diterapkan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, pengadaan barang atau jasa di perusahaan diharapkan bisa berjalan dengan baik.

BACA JUGA: 5 INDIKATOR BRAND AWARENESS YANG PENTING UNTUK DIKETAHUI