Tujuan Adanya Citra Perusahaan dan Langkah untuk Meningkatkannya

Facebook
Twitter
LinkedIn
citra perusahaan

Citra perusahaan atau brand image adalah gambaran atau kesan yang diterima masyarakat terhadap perusahaan. Dengan kata lain, citra perusahaan adalah cerminan identitas atau jati diri suatu perusahaan. Citra atau brand image tersebut dapat terbentuk dari persepsi masyarakat. Hal ini berkaitan dengan cara perusahaan memperkenalkan diri ke masyarakat.

Salah satu contoh citra perusahaan yang adalah Apple yang dianggap sebagai kiblat bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Apple dianggap demikian karena mampu menghadirkan produk gadget berkualitas dengan desain yang elegan.

Citra atau image mempunyai peranan penting bagi sebuah korporasi. Pasalnya, citra atau image tersebut berkaitan dengan reputasi. Reputasi perusahaan adalah penilaian masyarakat terhadap perusahaan, baik berupa produk maupun pelayanan. Berikut ini adalah tujuan adanya brand image pada sebuah perusahaan.

  • Meningkatkan loyalitas pelanggan

Loyalitas pelanggan adalah hal penting bagi perusahaan. Pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi tentu akan selalu menggunakan produk dari perusahaan. Bahkan, selalu menantikan keluaran produk terbaru. Tidak menutup kemungkinan, pelanggan yang loyal juga akan merekomendasikan produk kepada kerabatnya. Loyalitas tersebut salah satunya bisa diperoleh dengan brand image perusahaan yang positif.

  • Memengaruhi tindakan karyawan

Karyawan memegang peranan penting atas aktivitas produksi perusahaan. Di samping itu, segala tindakan karyawan juga bisa berdampak pada perusahaan, terutama ketika karyawan masih dalam masa kerja. Jika perusahaan memiliki image yang positif, tentu segala tindakan dan perbuatan karyawan akan menyesuaikan.

  • Mempermudah pemasaran produk

Image perusahaan juga akan berpengaruh terhadap pemasaran produk. Bayangkan saja jika suatu perusahaan dikenal buruk tentu pemasaran dan penjualan produk akan terhambat. Sebaliknya, perusahaan yang dikenal memiliki image baik akan mudah menembus pasar. Pelanggan tidak akan ragu untuk menggunakan produk perusahaan.

Cara Meningkatkan Citra Perusahaan

Peran PR (public relations) dalam membangun citra perusahaan sangatlah signifikan. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan strategi public relations dalam meningkatkan citra perusahaan. Berikut ini adalah cara menaikkan brand image perusahaan yang patut untuk dipertimbangkan.

  • Terapkan budaya perusahaan yang baik

Budaya perusahaan akan membentuk brand image dengan sendirinya. Selain berdampak pada pelanggan, kultur perusahaan juga akan memengaruhi ketertarikan orang untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Perusahaan bisa menerapkan budaya spiritual company yang mengadopsi nilai religi. 

  • Maksimalkan pemanfaatan dunia maya

Di era serba digital seperti sekarang, rasanya kurang afdal jika perusahaan tidak memaksimalkan pemanfaatan dunia maya. Perusahaan bisa mengembangkan konten-konten menarik di media sosial atau membangun website yang mengedepankan brand image. Adanya media sosial dan website, akan mempermudah peran public relations dalam mengenalkan perusahaan.

  • Terima feedback dari pihak lain

Masukan dari pihak lain dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan. Untuk itulah, sebaiknya saran dan kritik dari pelanggan atau relasi dapat diterima dengan baik. Bahkan, keluhan dari pelanggan pun perlu disikapi dengan baik. 

  • Hadirkan brand ambassador

Jika memang memiliki memiliki anggaran yang cukup, sudah sepantasnya perusahaan menghadirkan brand ambassador dari kalangan berpengaruh. Namun, sebenarnya brand ambassador dapat dihadirkan dari internal karyawan meskipun lebih membutuhkan proses yang lebih lama.

  • Adakan event tertentu

Perusahaan harus berani menunjukkan diri sebagai yang terdepan dalam bidang yang digeluti. Selenggarakanlah event besar berskala nasional, jika perlu internasional, untuk menunjukkan identitas diri. Event yang besar tersebut tentu akan membekas dan berkesan bagi masyarakat atau pihak yang mengikutinya.

Setelah mengikuti cara tersebut, harapannya citra perusahaan makin meningkat. Seperti halnya, 1Souvenir yang dikenal sebagai pusat pembuatan souvenir yang memberikan produk berkualitas dan pelayanan prima kepada setiap pelanggan.

BACA JUGA: RELASI BISNIS, ELEMEN PENTING UNTUK MAJUKAN USAHA ANDA!