Contoh Desain Medali Olahraga

Facebook
Twitter
LinkedIn
Medali

Contoh Desain Medali Olahraga

Medali merupakan benda kecil berbentuk bundar atau lonjong yang lebih banyak digunakan sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan atas apa yang diraih oleh seseorang. Biasanya pada medali sering disertakan juga tali yang terbuat dari kain agar bisa dikalungkan. Jika diperhatikan sekarang, medali tidak hanya digunakan untuk kejuaraan saja, melainkan juga acara kelulusan, baik untuk TK hingga perguruan tinggi.

Medali politeknik pelayaran sumatera barat

Pemberian medali pada acara kelulusan menjadi bentuk ucapan selamat kepada para wisudawan atas perjuangan yang sudah dilakukan selama menempuh pendidikan. Medali ini nantinya bisa dipajang dan menjadi kenang – kenangan dan pengingat para wisudawan akan perjuangan mereka hingga sampai lulus.

Tentu saja, pemilihan jual medali tidak boleh sembarangan. Mengingat fungsi dari medali itu sendiri yang digunakan sebagai bentuk pengingat perjuangan agar mendapatkan medali, baik untuk olimpiade atau kelulusan. Memilih jual medali murah memang banyak dilakukan. Namun jangan asal murah saja, melainkan juga berkualitas. Artinya, medali yang dibuat sesuai dengan pesanan klien.

Bahan pembuatan medali

Medali memiliki beragam jenis berdasarkan bahan pembentuknya. Setiap jenis medali disesuaikan dengan acara atau peringkat yang akan diberikan. Kebanyakan jual medali olahraga akan menggunakan emas sebagai bahan pelapisnya. Medali emas inilah yang akan diberikan pada juara pertama. Sedangkan untuk juara kedua akan mendapatkan medali berlapis perak dan juara ketiga akan mendapatkan medali berlapis perunggu.

Dapatkan souvenir berkualitas dan elegan untuk keperluan dan kebutuhan perusahaan Anda, hanya di 1souvenir.id pusat pembuatan berbagai jenis souvenir BERGARANSI dengan harga kompetitif dan mengedepankan kualitas produk. Segera hubungi kontak 1Souvenir.Id yang tertera di website ini untuk info pembuatan dan pemesanan souvenir eksklusif. Untuk anda yang ingin membeli souvenir produk ini bisa anda hubungi kami langsung caranya bisa klik langsung disini

Tapi tidak menuntut kemungkinan klien akan meminta jual medali untuk membuat medali dari bahan lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghemat budget. Sekali lagi, perolehan medali tergantung akan permintaan konsumen sesuai dengan acara yang dilakukan. Beberapa jenis medali yang cukup sering dipesan adalah sebagai berikut ini.

1. Medali kuningan

Adalah jenis medali dengan bahan dasar kuningan yang diberikan lapisan resin atau fiber. Kalau dalam segi harga, medali kuningan dikatakan sangat murah. Bahkan proses pembuatannya juga lebih mudah dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

2. Medali sepuhan, emas, perak dan perunggu

Medali dengan bahan logam sebagai sepuhannya, seperti emas, perak dan perunggu adalah medali cukup mahal harganya. Pasalnya, jenis medali yang satu terkesan mewah dan eksklusif. Tak ayal, medali ini lebih digunakan untuk ajang – ajang nasional atau internasional, seperti olimpiade atau PON.

3. Medali plastik

Medali yang satu ini memiliki bobot yang cukup ringan karena memiliki bahan dasar plastik. Dari segi harga medali ini juga sangat murah karena bahan dasarnya yang juga tidak mahal.

4. Medali akrilik 

Sama halnya dengan medali plastik, harga medali akrilik juga terbilang cukup murah. Selain itu, bisa dibentuk sesuai permintaan dan akan sangat ringan jika dikalungkan.

Desain medali

Sama seperti bahannya desain dari medali sendiri juga beragam. Beberapa desain disesuaikan dengan kebutuhan acara itu sendiri. Jadi misalnya, untuk suatu perlombaan lari, desain medali akan memuat desain yang mencerminkan event tersebut. Beberapa contoh pilihan desain yang mungkin bisa dipilih.

1. Medali wisuda

Untuk medali wisuda sendiri kebanyakan dibuat dengan bentuk segi lima. Rupanya, bentuk segi lima ini tidak main – main artinya. Pasalnya, bentuk ini menjadi cerminan akan Pancasila, yakni Dasar Negara RI. Jadinya, wisudawan diharapkan tetapi berpedoman teguh kepada nilai – nilai Pancasila, walaupun sudah lulus.

Kemudian untuk desainnya sendiri lebih menempatkan logo sekolah atau perguruan tinggi di bagian tengah. Bahkan tidak menambahkan logo apapun selain itu. Selain segi lima, tidak jarang pula menggunakan bentuk bulat.

Untuk bahan pembuatannya, medali wisuda lebih banyak terbuat dari kuningan untuk para sarjana. Sedangkan untuk wisuda TK akan lebih banyak dibuat dari bahan plastik atau akrilik karena lebih ringan. Sedangkan, kainnya akan terbuat dari kain beludru agar terkesan lebih mewah.

2. Medali olahraga

Untuk desain medali olahraga tergantung akan jenis olahraga itu sendiri. Contohnya saja, olahraga lari atau marathon, maka jual medali finisher akan mendesain dengan tambahan siluet orang berlari. Selain itu, olahraga angkat besi akan menggunakan tambahan siluet barbel dan lain sebagainya. Tidak jarang desain hanya memuat sebuah angka sebagai urutan pemenang nantinya. Uniknya, medali finisher atau medali olahraga lainnya akan dibuat timbul sehingga lebih terkesan mewah dan eksklusif.

Sedangkan untuk bentuknya sendiri medali olahraga lebih menggunakan lingkaran. Sedangkan bahan pembuatannya yang digunakan adalah sepuhan logam, yakni emas, perak dan perunggu. Satu lagi yang sering ditambahkan adalah hiasan untaian daun atau bunga pada medali olahraga. Untaian ini mencontoh mahkota raja Yunani, di mana memang Yunani merupakan negara pertama yang mengadakan olimpiade.

3. Medali costume

Jual medali custom juga memberikan pilihan desain yang beragam. Biasanya medali custom diberikan sebagai bentuk apresiasi, seperti kepada donatur. Untuk desainnya sendiri tergantung akan kebutuhan pemesanan medali.