Contoh-Contoh Souvenir Miniatur Jembatan

Facebook
Twitter
LinkedIn

Contoh-Contoh Souvenir Miniatur Jembatan

Souvenir miniatur Jembatan bisa menjadi hiasan yang indah di ruang tamu. Miniatur jembatan menampilkan keindahan struktur bangunan yang digunakan untuk menyeberangi sungai, bahkan laut. Miniatur jembatan memiliki berbagai macam bentuk. Ada yang menyerupai jembatan tertentu, seperti jembatan Suramadu dan Ampera, ada juga yang mengikuti imajinasi dari pembuatnya. Miniatur Jembatan bisa dibuat sendiri melalui berbagai bahan yang tersedia.

Souvenir miniatur jembatan kali mujur provinsi jawa timur
Sm113 souvenir miniatur jembatan kali mujur provinsi jawa timur

Cara Membuat Souvenir Miniatur Jembatan

Souvenir Miniatur Jembatan dapat dibuat menggunakan berbagai bahan. Salah satu bahan yang umum digunakan adalah stik es krim. Bahan lain yang sering digunakan adalah kertas karton. Namun, souvenir miniatur yang dibuat dari kertas karton biasanya tidak bertahan lama. Kertas karton tidak cukup kuat ketika terkena guncangan, tekanan, dan air. Namun, kertas karton memiliki keuntungan yang tidak dimiliki stik es krim. Kertas karton dapat dibentuk persis mengikuti jembatan aslinya. Kertas karton menungkinkan untuk dipotong dan dilipat secara mendetail.

Souvenir miniatur jembatan barito hasnur group
Miniatur jembatan barito hasnur group

Untuk membuat souvenir miniatur jembatan sederhana, persiapkan rancangan souvenir miniatur jembatan terlebih dahulu. Ada banyak jembatan yang bisa dijadikan patokan desain. Kemudian, siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Untuk membuat souvenir miniatur sederhana, bahan yang diperlukan adalah stik eskrim dan lem bakar/tembak. Sementara alat yang dibutuhkan adalah alat lem tembak. Berikut adalah langkah yang harus dilalui untuk membuat miniatur jembatan.

1. Tentukan jembatan yang akan dibuat

Ada banyak jenis jembatan yang dapat dibuat. namun, umumnya jembatan yang dapat dibuat dengan stik es krim adalah jembatan rangka baja. Untuk membuat jembatan gantung, maka diperlukan bahan lain seperti tali untuk membentuk kawat jembatan

2. Gambar miniatur jembatan

Dalam merancang desain jembatan, gambarlah contoh souvenir miniatur jembatan yang akan dibuat. sehingga, ketika menyusun stik es krim, bentuknya akan menyerupai bentuk aslinya.

3. Buat cetak biru

Dari rancangan gambar yang sudah dibuat, berikan ukuran ukuran tertentu dengan skala yang sesuai. Pastikan juga peletekan dan penyusunan sesuai dengan ukuran es krim, dengan begitu, jemabtan yang akan dibuat akan proporsional.

4. Siapkan area kerja

Pastikan area kerja bersih dari kotoran dan gangguan lainya. Kotoran dapat mengganggu dan menempel pada lem yang direkatkan, sehingga hasil akhirnya akan belepotan.

5. Rekatkan stik sesuai dengan rancangan

Bentuk panel panel penyusun souvenir miniatur jembatan dari stik es krim. Panel panel tersebut dapat terbagi menjadi penyangga, penguat, dan jalan jembatan. Dengan pembagian ini, penyusunan stik dapat menjadi lebih rapi.

6. Rakit dan susun panel sesuai dengan rancangan

Setelah semua panel dibuat, susun sesuai dengan rancangan. Dengan proses ini, dapat diketahui panel jembatan yang tidak sesuai. Panel dapat dibuat kembali atau dikoreksi.

7. Lem dan rapikan

Jika jembatan sudah dirakit dan memenuhi bentuk yang diinginkan, jembatan siap direkatkan menggunakan lem. Ketika menggunakan lem bakar, ada kemungkinan banyak lem yang tidak rapi. Untuk merapikan, bakar lem yang berlebihan. Kemudian biarkan mengering. Souvenir miniatur Jembatan Dari stik es krim siap dipajang.

Membuat miniatur jembatan sendiri membutuhkan banyak waktu, dengan hasil yang kurang maksimal. Stik eskrim memiliki banyak batasan seperti ukuran dan ketebalan stik es krim. Untuk menghindari kekecewaan dari waktu dan energy yang terbuang untuk membuat stik eskrim, anda dapat membeli miniatur dari 1souvenir. Miniatur dibuat secara profesional menggunakan bahan akrilik. Selain mesin canggih, tenaga ahli juga profesional dalam mengoperasikan mesin grafir laser. 1souvenir jual souvenir miniatur jembatan dengan berbagai bentuk.

Dapatkan souvenir berkualitas dan elegan untuk keperluan dan kebutuhan perusahaan Anda, hanya di 1souvenir.id pusat pembuatan berbagai jenis souvenir BERGARANSI dengan harga kompetitif dan mengedepankan kualitas produk. Segera hubungi kontak 1Souvenir.Id yang tertera di website ini untuk info pembuatan dan pemesanan souvenir eksklusif. Untuk anda yang ingin membeli souvenir produk ini bisa anda hubungi kami langsung caranya bisa klik langsung disini

Souvenir Miniatur Jembatan Ampera

Jembatan Ampera adalah salah satu jembatan terkenal di Indonesia. Jembatan ini menghubungkan Seberang Ulu dengan Seberang Ilir. Jembatan ampera berada di atas sungai Musi. Jembatan ini dibangun di era soekarno. Waktu itu, Indonesia baru lepas dari penjajahan. Pembiayaan pembangunan jembatan menggunakan dana rampasan perang dari Jepang. Bahkan, tenaga ahli yang merancang jembatan juga menggunakan jasa orang Jepang. Pada kedua ujung jembatan Ampera dibangun taman.

Yang membuat jembatan Ampera Menarik adalah, bagian tengah jembatan dapat ditarik keatas. Dengan menggunakan bandul pemberat yang masing-masing beratnya 500 ton, bagian tengah jembatan dapat ditopang dua menara kuat. Struktur dua menara ini juga menambah kecantikan jembatan Ampera. Namun, sejak 1970, aktivitas pengangkatan bagian tengah jembatan sudah tidak dilakukan lagi. Keunikan tersebut, menjadikan Jembatan ampera menarik untuk dipajang sebagai miniatur jembatan eksklusif.

Souvenir Miniatur jembatan suramadu

Seperti miniatur jembatan sebelumnya, miniatur jembatan suramadu bisa menjadi media yang menarik untuk menceritakan sejarahnya. Pembangunan jembatan ini sudah dimulai sejak masa Megawati Soekarnoputri pada tahun 2003. Namun, jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2009 dan diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Diperkirakan, biaya pembangunan jembatan ini mencapai harga 4.5 triliun rupiah. Jembatan ini menarik karena menyeberangi laut untuk menghubungan dua pulau, Pulau Jawa dan Madura.

Secara struktur, jembatan ini memiliki tiga struktur utama. Jalan Layang, Jembatan Utama, dan Jembatan Utama. Jalan Layang adalah bagian jembatan yang berada di atas perairan dangkal. Kemudian, jembatan penghubung menghubungkan antara jalan layang dengan jembatan utama. Jembatan utama adalah bagian inti dari jembatan. Karena jembatan ini, kapal dapat melewati bagian bawah dari jembatan. Jarak dari jembatan iit dengan permukaan laut bisa mencapai 35 meter. bagian ini diperkuat dengan dua menara kembar yang menjulang tinggi. Dari menara itu, terdapat kawat yang menguatkan keseluruhan struktur jembatan utama. Bagian ini pulalah yang paling sering menjadi miniatur jembatan.

Alat dan bahan pembuatan jembatan hampir sama dengan konstruksi bangunan pada umumnya. Namun, untuk souvenir miniatur jembatan, bahan biasanya menggunakan logam kuningan. Cara membuat jembatan ampera dari stik es krim membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Pasalnya, stik es krim mudah patah.

Alat yang digunakan untuk membuat miniatur jembatan adalah mesin yang canggih dan modern. Dengan begitu, hasilnya akan lebih maksimal.Cara membuat miniatur jembatan menjadi salah satu penentu kualitas hasilnya. Karena itulah, harus diperhatikan dengan saksama.

Bahan miniatur jembatan pada umumnya berupa logam kuningan. Namun, terkadang juga dikombinasikan dengan bahan resin atau akrilik.Hal penting yang harus diperhatikan saat membuat souvenir adalah bahan untuk membuat miniatur jembatan. Bahan dapat menentukan kualitas souvenir. Alat yang tidak digunakan dalam membuat miniatur jembatan adalah beragam. Hal itu bergantung dengan bahan dasar yang digunakan untuk membuat miniatur jembatan.

Cara membuat miniatur jembatan dari kardus memang mudah. Namun, tetap membutuhkan desain untuk mempermudahnya. Cara membuat jembatan membutuhkan campur tangan seorang arsitek yang merancang desainnya. Cara membuat miniatur jembatan Ampera dari stik es krim sangat mudah. Namun, perlu berhati-hati karena stik es krim mudah patah. Makanya, baiknya membuat miniatur dari bahan logam.