Copywriting: Hasilkan Tulisan Menarik untuk Promosi Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
copywriting

Anda tentu pernah mendengar istilah teknik copywriting, bukan? Namun, sudahkah Anda mengetahui apa itu copywriting? Copywriting adalah teks persuasif yang dimanfaatkan untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan. Dengan kata lain, tujuan copywriting adalah membujuk konsumen agar mau membeli produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. 

Sementara itu, peran tulisan persuasif adalah menjangkau perasaan pembacanya. Artinya, pembaca akan tersentuh hatinya setelah membaca teks yang berakibat pada tindakan membeli atau menggunakan produk.

Jenis tulisan ini dapat dimanfaatkan untuk promosi offline maupun online. Pemanfaatannya dalam promosi offline terwujud dalam tulisan di banner, koran, hingga iklan televisi dan radio. Sementara itu, dalam pemasaran online tulisan persuasif dapat ditampilkan di konten marketing yang dijadikan sebagai sarana beriklan.

Baca Juga: Marketing Automation: Solusi Mudah untuk Pasarkan Bisnis

Tips Membuat Copywriting Menarik untuk Promosikan Bisnis

Membuat tulisan yang menarik sekaligus persuasif bukanlah perkara mudah. Anda tentu harus mengetahui unsur-unsur penting dalam membuat tulisan persuasif yang menarik, seperti tipografi dan teks. Kemudian, Anda juga harus mengenali jenis teks yang hendak dibuat, apakah naratif, informatif, argumentatif, atau eksploratif. Agar lebih paham, perhatikan tips berikut ini.

Mengenali produk dan layanan dengan baik

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah mengenali produk atau layanan yang ditawarkan dengan baik. Pastikan Anda tahu spesifikasi produk dengan detail. Kemudian, deskripsikan juga keunikan serta keunggulan produk Anda serta manfaatnya bagi konsumen.

Memahami kebutuhan konsumen

Dalam membuat tulisan untuk iklan, tentu Anda harus memahami kebutuhan konsumen. Dengan begitu, iklan yang dibuat akan lebih sesuai dengan audiens. Hal ini dapat berdampak baik pada respons calon konsumen sehingga memperbesar peluang terjadinya transaksi pembelian.

Membuat headline yang memikat

Bagian penting dalam sebuah teks persuasif adalah headline atau judul utama. Anda bisa membuat headline yang memikat dengan kata-kata menarik. Anda bisa membuat judul yang menjelaskan manfaat produk atau data yang relevan dengan produk.

Menulis deskripsi dengan ringkas dan jelas

Sebaiknya bagian deskripsi produk atau layanan yang ditawarkan dengan ringkas dan jelas. Anda juga bisa membuat penasaran dengan beberapa bagian sehingga konsumen tergerak untuk menanyakan kepada Anda terkait produk atau layanan yang ditawarkan.

Menambahkan kalimat ajakan

Bagian terpenting tentunya adalah menambahkan kalimat ajakan yang sering juga disebut call to action. Jika tulisan berupa iklan produk atau layanan, Anda bisa menambahkan kalimat yang mengajak konsumen untuk membeli atau menggunakannya.

Siapkanlah tulisan persuasif yang tepat untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Jadikan calon konsumen makin terpikat!