Kenali Apa Itu CSR Perusahaan beserta 5 Contoh Kegiatannya

Facebook
Twitter
LinkedIn
CSR Perusahaan

Apa itu CSR Perusahaan? CSR perusahaan adalah singkatan dari Corporate Social Responsibility yang merupakan aktivitas perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosial. Aktivitas tersebut tidak sekadar menguntungkan perusahaan, tetapi juga bermanfaat bagi pihak lain. Adapun manfaat CSR adalah sebagai berikut.

  1. Manfaat untuk perusahaan: Aksi tanggung jawab yang ditunjukkan akan membantu meningkatkan citra diri perusahaan. Hal ini karena secara otomatis tindakan tanggung jawab tersebut menjadi branding bagi perusahaan yang melakukannya. Terlebih, jika aksi tersebut membekas di benak masyarakat.
  2. Manfaat untuk lingkungan: Kepedulian perusahaan dapat berdampak juga pada lingkungan. Hal ini tecermin bila perusahaan melakukan aktivitas produksi tanpa melakukan pencemaran. Jika menghasilkan limbah, perusahaan sudah menyiapkan solusi untuk mengatasinya.
  3. Manfaat untuk masyarakat: Aksi perusahaan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perusahaan bisa melakukan aksi bakti sosial yang membantu perekonomian masyarakat yang kurang mampu. Bahkan, perusahaan bisa menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar.
  4. Manfaat untuk pemerintah: CSR dapat turut berperan dalam mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah. Pasalnya, aksi CSR akan membantu pemerintah dalam menangani berbagai masalah sosial yang muncul di masyarakat.

Baca juga: 6 Alasan Pentingnya untuk Melakukan Inovasi Bisnis

Jenis CSR Perusahaan

Pada dasarnya jenis CSR Perusahaan dibedakan menjadi lima. Adapun kelima jenis program CSR adalah sebagai berikut.

1. Cause Promotions

Program CSR perusahaan ini bertujuan sebagai media promosi. Perusahaan akan menggelontorkan sejumlah dana untuk mendukung aktivitas sosial. Contoh program yang bisa dilakukan adalah membuka donasi untuk bencana alam.

2. Cause Related Marketing

Perusahaan yang berkomitmen memberikan sejumlah keuntungan penjualan demi kegiatan sosial berarti telah menerapkan program cause related marketing. Perusahaan bisa bekerja sama dengan organisasi amal atau menyalurkan dana secara langsung.

3. Corporate Societal Marketing

Kegiatan CSR perusahaan tidak melulu berkaitan dengan pemberian dana. Perusahaan dapat turut menyosialisasikan hal baik terkait kesehatan, pelestarian lingkungan, dan isu lainnya. Namun, tentunya sosialisasi tersebut disertai dengan aksi nyata.

4. Corporate Philanthropy

Perusahaan dapat terlibat langsung dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Aksi ini dapat berupa program charity, sumbangan, atau donasi amal untuk masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan.

5. Community Volunteering

Jenis program CSR ini berupa memberikan pelayanan tanpa biaya kepada masyarakat yang membutuhkan. Perusahaan akan meminta karyawan untuk terlibat langsung. Namun, tidak jarang perusahaan melibat pakar di bidangnya agar lebih tepat.

Apakah perusahaan Anda sudah memiliki program corporate social responsibility. Apabila belum ada, segeralah untuk mempersiapkannya. Tunjukkan bahwa perusahaan Anda memiliki kepedulian terhadap sekitar.