Keuntungan Customer Retention untuk Sebuah Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
Customer Retention

Strategi customer retention dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjaga loyalitas pelanggan. Lantas, apa itu customer retention atau retensi pelanggan? Customer retention adalah upaya yang dilakukan perusahaan agar pelanggan tetap setia dan tidak berpindah ke kompetitor. Hal tersebut juga menjadi bukti bahwa produk atau layanan dari perusahaan memiliki kualitas unggulan.

Membuat pelanggan loyal tidak sekadar membuat pelanggan sering membeli produk atau menggunakan layanan perusahaan. Akan tetapi, tujuan dari retensi pelanggan akan membangun hubungan baik dengan pelanggan. Hal tersebut akan berdampak pada citra perusahaan yang akan meningkat karena mendapat kepercayaan dari konsumen.

Strategi Customer Retention untuk Bisnis

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa customer retention memiliki banyak keuntungan. Pelanggan akan menjadi setia hingga citra perusahaan meningkat adalah beberapa keuntungan di antaranya. Namun, retensi pelanggan harus dilakukan dengan strategi yang tepat. Adapun strategi yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Referral Marketing: Sudah Tahu Cara Menerapkannya?

Melayani dengan cepat tanggap

Langkah awal yang mudah dilakukan adalah melayani pelanggan dengan cepat tanggap. Tidak hanya itu, pelanggan juga harus dilayani dengan ramah. Jangan biarkan pelanggan menunggu lama karena akan meninggalkan kesan buruk bagi perusahaan.

Membuat loyalty program

Program bagi pelanggan yang loyal juga perlu diadakan. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan hadiah kepada pelanggan setia. Hadiah dapat berupa member card yang memberikan banyak keuntungan. Kemudian, hadiah dapat juga berupa voucher diskon atau merchandise.

Mengedukasi pelanggan

Untuk produk tertentu dibutuhkan tutorial dalam penggunaannya. Perusahaan bisa menyampaikan cara penggunaan produk dengan artikel atau konten media sosial. Edukasi kepada pelanggan tidak sekadar berkaitan dengan produk. Akan tetapi, informasi lainnya bisa disampaikan sebagai tambahan pengetahuan.

Mengirimkan newsletter

Perusahaan bisa juga mengirimkan newsletter melalui email yang berisi tentang produk terbaru perusahaan. Selain itu, email tersebut dapat juga berisi promo yang sedang ditawarkan perusahaan. Agar berkesan, email bisa dibuat semenarik mungkin dengan desain yang apik.

Membangun komunikasi personal

Strategi yang satu ini dianggap lawas, tetapi cukup efektif. Perusahaan dapat membangun komunikasi secara personal dengan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengirimkan ucapan selamat ulang tahun. Ucapan selamat pada hari tertentu juga bisa dikirimkan secara personal untuk menambah kedekatan dengan pelanggan.

Anda bisa menerapkan strategi tersebut di perusahaan agar pelanggan tidak berpaling ke kompetitor. Pastikan Anda memberikan kepuasan terhadap pelanggan untuk meningkatkan citra perusahaan juga.