Apa Itu Customer Value? Cari Tahu Cara Mengembangkannya

Facebook
Twitter
LinkedIn
customer value

Memahami customer value penting untuk dilakukan oleh setiap pelaku bisnis. Customer value adalah semua manfaat yang akan dirasakan oleh pelanggan, baik yang terlihat maupun tidak. Perusahaan bisa mengetahuinya supaya dapat merumuskan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Untuk mengetahuinya, perusahaan bisa melakukan pengukuran dan analisis customer value.

Pengukuran dapat dilakukan dengan menggunakan rumus yang  berupa manfaat dikurangi harga. Dari rumus tersebut diketahui bahwa customer value (CV) berbanding luru dengan manfaat yang didapatkan pelanggan. Makin besar nilai manfaatnya, makin besar pula CV-nya.

Tips Mengembangkan Customer Value

Customer value dapat dikembangkan demi tercapainya kesuksesan sebuah usaha. Adapun tips yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

Mengoptimalkan pelayanan

Mungkin Anda merasa hal ini klise. Akan tetapi, mengoptimalkan pelayanan akan berdampak baik terhadap perusahaan. Jika Anda tidak memberikan pelayanan yang baik, bisa jadi strategi pemasaran tidak akan menunjang promosi yang berdampak pada produk yang tidak laku.

Meminta kritik dan saran dari pelanggan

Kritik dan saran dari pelanggan, terutama terkait pelayanan dan produk, sangatlah penting. Jika mendapatkannya, Anda akan lebih mudah untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Alhasil, produk pun akan laku di pasaran.

Memahamkan nilai-nilai pada produk

Pasti Anda membuat produk tidak asal-asalan, bukan? Oleh karena itu, Anda bisa membantu memahamkan ide produk dengan menyampaikan nilai-nilai yang tersirat pada produk. Pelanggan pun akan tertarik karena akan merasakan manfaatnya secara utuh.

Menciptakan keunikan produk

Selain itu, Anda juga harus menciptakan produk yang unik. Artinya, produk yang Anda hadirkan berbeda dari yang sudah ada di pasaran. Anda pun bisa melakukan inovasi terhadap produk yang hendak diproduksi dengan cara melakukan riset pasar.

Melakukan branding

Branding tidak sekadar untuk menunjukkan identitas perusahaan. Adanya branding yang kuat juga untuk meningkatkan nilai CV. Jika branding yang baik berhasil, persepsi masyarakat pun akan meningkat. Hal itu akan berdampak pada pelanggan yang secara cuma-cuma mempromosikan secara langsung ke orang lain.

Itulah tips yang bisa Anda ikuti. Jika Anda bertanya-tanya dan masih merasa bingung, Anda  bisa melihat contoh customer value. Misalnya, iPhone yang dari segi manfaat sudah mengeluarkan produk ponsel pintar yang canggih. Di sisi lain, produk tersebut menunjukkan gengsi pemiliknya. Dengan kata lain, produk iPhone telah memberikan manfaat secara fungsional dan emosional. Maka dari, penting untuk memperhatikan keinginan dan kebutuhan pelanggan saat hendak merilis produk.

Baca Juga: Studi Kelayakan Bisnis: Cari Tahu Aspek dan Tahapannya