5 Tips Membuat Digital Marketing Plan untuk Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
digital marketing plan

Digital marketing plan adalah bagian penting dari strategi pemasaran digital. Anda bisa memanfaatkan digital marketing plan template untuk membuatnya. Anda bahkan bisa memilih untuk menggunakan digital marketing plan template excel agar lebih mudah.

Adanya perencanaan pemasaran membuat strategi yang hendak diterapkan lebih terarah. Selain itu, setiap langkah pemasaran menjadi lebih runtut. Dengan begitu, tujuan pemasaran dapat dicapai dengan lebih maksimal.

Cara Membuat Digital Marketing Plan

Setelah mengetahui kelebihannya, Anda tentu ingin mengetahui cara membuat perencanaan pemasaran digital. Anda bisa menyimak tips membuatnya yang telah kami bahas berikut ini.

Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Digital untuk Dapatkan Profit Optimal

Melakukan riset pelanggan

Agar pemasaran dapat dilakukan dengan efektif, mula-mula Anda bisa mencari tahu tentang target konsumen. Informasi tentang konsumen menjadi data dasar untuk membuat konten pemasaran yang sesuai dengan karakteristik mereka. Dengan begitu, konten yang dihasilkan akan lebih mengena emosi sehingga dapat berujung pada pembelian produk.

Memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar

Anda harus mempersempit target pasar sehingga produk yang dibuat bisa fokus terhadap kebutuhan mereka. Dengan membuat produk yang sesuai dengan target pasar, tentunya dapat meningkatkan angka penjualan produk. Namun, pastikan bahwa produk tersebut benar-benar dipromosikan kepada mereka yang telah dijadikan sebagai target pasar Anda.

Membuat bisnis mudah ditemukan

Jika memang memanfaatkan pemasaran digital, pastikan bahwa bisnis Anda mudah ditemukan konsumen. Anda bisa membuat website yang mudah ditemukan di mesin pencarian. Hal ini bisa ditunjang dengan optimasi SEO. Bila perlu, Anda bisa memanfaatkan SEM. Anda bisa juga memaksimalkan media sosial dengan konten-konten yang relevan.

Mengukur dan menganalisis strategi yang diterapkan

Tingkat keberhasilan strategi pemasaran digital yang diterapkan juga perlu diukur. Misalnya saja, dengan menerapkan strategi pemasaran tersebut, seberapa banyak transaksi penjualan yang terjadi. Kemudian, Anda perlu juga menganalisis kelebihan dan kekurangan dari strategi pemasaran digital yang telah diterapkan di perusahaan.

Mengevaluasi penerapan strategi pemasaran

Hasil pengukuran dan analisis pada tahapan sebelumnya dapat menjadi dasar untuk melakukan evaluasi dalam merencanakan pemasaran digital. Hal-hal yang dianggap menghambat pemasaran dapat dibuang, sedangkan yang dianggap mendukung bisa terus diadopsi. Dengan begitu, Anda bisa membuat rancangan pemasaran digital yang berpeluang memberikan hasil maksimal.

Apabila masih bingung dalam menetapkannya, Anda bisa melihat contoh digital marketing plan yang sudah dibuat oleh pebisnis lain sebagai gambaran umum.