Employer Branding: Cari Tahu Pentingnya bagi Perusahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Employer Branding

Apa itu employer branding dan apa pentingnya bagi suatu perusahaan? Employer branding adalah reputasi yang dimiliki perusahaan sebagai tempat kerja yang baik. Contoh employer branding ditunjukkan oleh perusahaan 1Souvenir yang menerapkan budaya spiritual company. Perusahaan ini menjunjung nilai-nilai islami dalam berbagai aktivitasnya.

Setelah mengetahui pengertian dan contohnya, perlu juga diketahui pentingnya branding jenis ini bagi perusahaan. Simak pembahasannya berikut.

  • Meningkatkan citra positif perusahaan

Citra positif perusahaan tidak sekadar dibangun dari produk dan pelayanan yang berkualitas. Akan tetapi, citra positif dapat juga meningkat ketika perusahaan dianggap berlaku baik terhadap karyawannya. Orang yang tidak bekerja di perusahaan tersebut pun akan ikut terpengaruh.

  • Membantu retensi karyawan berkualitas

Perusahaan yang menjaga reputasi di mata karyawan juga akan membantu mempertahankan karyawan yang berkualitas. Hal ini tentu berdampak baik terhadap perusahaan karena akan berpengaruh terhadap produk serta pelayanan kepada konsumen juga.

  • Menjadikan perusahaan sebagai tempat kerja yang menarik

Perusahaan yang dibanggakan oleh karyawannya tentu menjadi rujukan bagi para pencari kerja. Orang-orang akan berbondong-bondong mendaftar kerja ketika perusahaan membuka penerimaan karyawan baru. Hal ini membuat perusahaan mudah dalam mengisi kekosongan posisi.

  • Mengurangi biaya rekrutmen karyawan

Karena reputasi yang baik, kemungkinan besar orang-orang juga ingin bekerja di perusahaan tersebut. Bahkan, mereka akan mengajukan lamaran meskipun perusahaan sedang tidak membuka lowongan. Tentunya, hal ini mengurangi biaya rekrutmen karyawan baru.

  • Memudahkan untuk mendapatkan karyawan

Dari dua penjelasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa perusahaan akan lebih mudah untuk mendapatkan karyawan baru. Jika ada karyawan yang mengundurkan diri, mungkin ia juga akan merekomendasikan perusahaan kepada kenalannya sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan karyawan baru.

Baca juga: 5 Kesalahan Pemasaran Online yang Wajib Dihindari!

Menerapkan Strategi Employer Branding

Dengan berbagai keuntungannya tersebut, tentu perusahaan tidak ragu lagi untuk menerapkan employer branding. Hal ini dapat dimulai dengan membuat struktur deskripsi pekerjaan yang menarik. Kemudian, perusahaan bisa memberikan pengalaman bekerja yang berkesan kepada setiap karyawan. Tidak lupa juga penting untuk membangun budaya kerja yang unik dan otentik sehingga menjadi pioner bagi perusahaan lain.

Reputasi dapat juga dibangun dengan menjalankan program corporate social responbility atau CSR. Program tersebut tidak hanya membuat masyarakat simpati dengan perusahaan, karyawan yang bekerja pun akan merasa senang bekerja di perusahaan tersebut.

Jadi, siapkan strategi terbaik untuk menjadi perusahaan yang siap tanggap untuk karyawan dan lingkungan!