5 Event Virtual untuk Menunjang Promosi Perusahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
event virtual

Pandemi Covid-19 menginisiasi terselenggaranya event virtual. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerumunan dan kontak fisik sehingga tidak terjadi penularan virus. Namun, kini acara yang berbasis online tersebut telah populer di kalangan masyarakat. Bahkan, sering dijadikan sebagai media promosi perusahaan.

Contoh Event Virtual untuk Promosi Perusahaan

Event dalam perusahaan pada dasarnya diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan diri. Hal ini akan berdampak dengan jaringan dan target pasar yang makin luas. Namun, umumnya perlu menyiapkan proposal event perusahaan sebagai dasar penyelenggaraan acara. Jika dirasa repot, event virtual bisa menjadi pilihan pengganti.

Event virtual menjadi contoh event marketing yang kreatif. Tentunya, event semacam ini ada beragam jenis untuk dipilih. Berikut ini adalah contoh event perusahaan yang bisa menunjang kegiatan promosi perusahaan.

BACA JUGA: SURAT PENAWARAN BISNIS: PAHAMI DAN PERHATIKAN CONTOHNYA

Online Training

Perusahaan dapat melakukan pelatihan online untuk menggaet calon konsumen. Jenis pelatihan ini biasanya memanfaatkan media video dan dokumen sebagai pendukungnya. Kelebihannya, event ini bisa diikuti dari mana saja. Sementara itu, kekurangannya adalah perlu menyiapkan materi yang lengkap, tetapi mudah dipahami. Kemudian, sesi tanya jawab kemungkinan tidak semudah ketika pelatihan dilakukan secara offline.

Virtual Conference

Konferensi merupakan pertemuan yang dilakukan untuk membahas suatu permasalahan tertentu. Untuk sebuah perusahaan, topik yang paling sesuai adalah perihal bisnis. Perusahaan bisa mengulik dan melakukan riset terkait isu bisnis yang sedang menjadi isu hangat. Hal ini bertujuan untuk menarik minat calon peserta.

Virtual Expo

Pameran juga bisa dilakukan secara online sebagai bentuk promosi perusahaan. Perusahaan bisa ikut terlibat dalam pameran yang diselenggarakan oleh instansi lain atau membuat pameran secara mandiri. Namun, perusahaan menyiapkan diri untuk pengiriman barang jika ada konsumen yang tertarik melakukan pembelian.

Virtual Meetup

Virtual meetup atau rapat online bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menggandeng relasi baru. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini perusahaan bisa mengundang pihak lain yang dianggap potensial untuk menjalin kerja sama bisnis. Di samping itu, perusahaan pun bisa juga mencari sponsor melalui acara yang demikian.

Webinar

Webinar adalah seminar yang berbasis online. Untuk menyelenggarakannya, perusahaan perlu mengundang pakar yang mampu menyampaikan materi terkait topik yang hendak dibahas. Untuk menarik minat masyarakat, luangkan waktu untuk sesi tanya jawab sehingga peserta bisa menanyakan keresahan. Jika perlu, sediakan doorprize yang menarik.

Itulah sederet acara virtual yang bisa dilakukan perusahaan sebagai bentuk promosi. Siapkanlah event dengan baik agar berjalan dengan lancar dan tujuan yang ditargetkan berhasil dicapai.

BACA JUGA: BUKU STOK BARANG: ELEMEN PENTING UNTUK KELOLA INVENTORY