Pengen Cari Ide Desain Plakat Akrilik? Cari Aja di 1Souvenir!

Facebook
Twitter
LinkedIn

Contoh Desain Plakat Akrilik 1Souvenir

Seperti diketahui bersama, plakat adalah suatu benda yang biasanya terbuat dari jenis bahan tertentu, dan digunakan sebagai souvenir atau hadiah, untuk diberikan pada seseorang pada momen tertentu. Adapun bahan untuk membuat plakat ini sendiri cukup beragam, dan akrilik salah satunya.

Pa142 plakat akrilik kepulauan bangka belitung
Plakat akrilik kepulauan bangka belitung

Mengenal bahan akrilik

Seperti namanya, plakat akrilik adalah sebuah plakat yang terbuat dari bahan akrilik. Bahan ini umumnya berupa lembaran berwarna bening. Jika dipanaskan, bahan ini bisa cair, namun tetap dengan warna transparan. Sifat dari bahan yang satu ini ringan dan tidak mudah pecah. Selain itu, bahan yang satu ini mudah untuk dipotong, dihaluskan, dikikir, dibor, dicat dan juga dikilapkan. Saat ini bahan tersebut mudah Anda temukan di pasaran, dan tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan. Dalam kehidupan sehari-hari, bahan yang satu ini biasanya digunakan dalam berbagai macam bidang, seperti name tag di meja, sebagai tempat brosur, dll.

Cara membuat plakat dengan akrilik 

Setelah mengenal bahan akrilik, berikutnya Anda sebaiknya mengenal bagaimana cara membuat plakat dengan akrilik. Adapun cara membuatnya tidak terlalu sulit, yaitu :

  1. Siapkan bahan

Siapkan bahan akrilik yang sesuai kebutuhan. Mulai dari ukuran ketebalan, jumlah bahan yang dibutuhkan dan yang lainnya. Tidak lupa siapkan juga alat dan bahan lainnya yang akan digunakan dalam proses pembuatan plakat akrilik tersebut.

  1. Siapkan desain plakat

Setelah alat dan bahan disiapkan, berikutnya adalah tahap mendesain plakat itu sendiri. Beberapa orang biasanya menggunakan desain plakat akrilik yang sudah jadi, untuk dicetak ulang dengan desain yang sedikit berbeda. Namun jika Anda ingin mendesain sendiri plakat yang diinginkan, sebaiknya berikan desain atau kisaran gambar plakat yang diinginkan.

  1. Tahap pemotongan

Tahap berikutnya adalah proses pemotongan. Pada tahap ini, pola plakat yang diinginkan, akan diterapkan pada akrilik lembaran, untuk kemudian dipotong sesuai dengan pola yang ada. Ada 2 teknik pemotongan akrilik yang ada saat ini, yaitu manual dengan menggunakan gergaji atau juga cutter. Ada juga yang otomatis menggunakan mesin laser.

Teknik pemotongan tersebut, akan disesuaikan dengan tingkat kesulitan dari desain plakat yang akan dibuat biasanya desain plakat sederhana, akan menggunakan teknik potong manual. Misalnya saja desain lurus, atau juga lengkung sederhana. Sedangkan yang dimaksud dengan desain plakat akrilik cdr, adalah desain yang cenderung rumit. Proses yang satu ini menggunakan software tertentu, yang akan dihubungkan ke komputer.

  1. Tahap menggambar

Berikutnya adalah tahap menggambar, menulis atau juga mewarnai. Ada 2 kelompok dalam hal ini, yaitu, 2 dimensi atau 3 dimensi. Untuk 2 dimensi biasanya menggunakan teknik sablon dan printing. Sedangkan untuk 3 dimensi menggunakan mesin grafir, dimana prosesnya sama dengan teknik potong menggunakan laser.

  1. Tahap finishing

Setelah proses pembuatan atau penerapan gambar dan tulisan selesai, berikutnya masuk ke tahap finishing. Ini adalah sentuhan akhir, sebelum plakat tersebut akhirnya selesai dibuat. Pada tahap ini biasanya dilakukan secara manual, dengan cara diamplas, dan yang lainnya. Tentu saja hal ini dilakukan guna menyempurnakan penampilan plakat itu sendiri.

Aneka contoh plakat Akrilik 

Seperti plakat lainnya, kini plakat akrilik banyak digunakan dalam berbagai kesempatan. Sebagai contoh plakat Akrilik kini dapat Anda temukan di berbagai macam bidang, mulai dari souvenir, piagam penghargaan, dan yang lainnya.

  • Plakat perusahaan

Plakat akrilik bpj migas
Plakat bpj migas

Untuk contoh plakat perusahaan, umumnya digunakan sebagai ucapan terima kasih atas bakti seseorang pada perusahan tersebut. Untuk model yang digunakan umumnya beragama. Hal ini biasanya disesuaikan dengan desain atau logo perusahaan itu sendiri.

  • Plakat seminar

Plakat akrilik universitas haluoleo seminar international
Plakat akrilik universitas haluoleo seminar international

Untuk model plakat seminar, biasanya digunakan sebagai ucapan terima kasih pada narasumber dari kegiatan seminar tersebut. Untuk modelnya sendiri biasanya disesuaikan dengan tema dari kegiatan seminar tersebut.

  • Plakat kerjasama

Plakat akrilik hcx most valuable person
Plakat hcx most valuable person

Plakat kerjasama sendiri adalah plakat yang digunakan sebagai kenang-kenangan atas kerjasama yang dilakukan antara kedua belah pihak. Dalam desain plakat yang dibuat, akan dicantumkan nama atau logo dari kedua belah pihak yang bekerja sama. Sedangkan untuk desainnya sendiri akan ditentukan berdasarkan kesepakatan atau tema dari kerjasama itu sendiri.

  • Plakat kenang-kenangan

Pa146 plakat akrilik kenang kenangan kunjungan pimpinan cabang muhammadiyah bekasi timur
Plakat akrilik kenang kenangan kunjungan pimpinan cabang muhammadiyah bekasi timur

Seperti namanya, maka ini adalah kenang-kenangan yang diberikan pada seseorang atau perusahaan atas jasa yang diberikan pada perorangan atau perusahaan tertentu. Sedangkan untuk desain yang digunakan cukup beragam, tergantung keinginan pemesan.

  • Plakat pribadi

Plakat akrilik panelis
Plakat panelis

Ini adalah plakat yang bersifat pribadi, misalnya saja untuk keperluan kenang-kenangan pernikahan dari para sahabat pada salah satu atau kedua mempelai. Sebagai ucapan selamat atas kelulusan sekolah, dll. Sedangkan untuk desain, warna dan tulisan yang akan disematkan cukup beragam, dan biasanya ditentukan oleh pihak konsumen itu sendiri.

Saat ini memang tidak sulit untuk menemukan produsen pembuat plakat akrilik tersebut. Salah satunya adalah 1Souvenir. Yang menarik ketika bekerja sama dengan penyedia jasa yang satu ini adalah adanya garansi produk, ketika produk rusak, selama dalam perjalanan. Layanan antar cepat, karena sudah bekerja sama dengan jasa ekspedisi terpercaya. Profesional di bidangnya, karena sudah menggunakan peralatan terkini. Yang pasti, mampu melayani pembelian dari berbagai kawasan di Indonesia. Ayo, pesan sekarang juga, dijamin Anda tidak akan rugi!