Para Pebisnis Wajib Tahu 5 Ilmu Marketing Berikut Ini!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Para Pebisnis Wajib Tahu 5 Ilmu Marketing Berikut Ini!

Ilmu marketing adalah salah satu ilmu yang krusial karena dapat membantu mengembangkan dan memajukan bisnis. Oleh karena itu, sebuah perusahaan perlu memahami dengan baik ilmu tentang pemasaran. Di era serba internet seperti sekarang, pebisnis juga perlu memahami ilmu marketing online agar tidak ketinggalan zaman.

Baca juga: Marketing Funnel: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya

Ilmu Marketing yang Wajib Dipahami Pebisnis

Perusahaan Anda boleh saja menerapkan marketing offline atau online untuk mempromosikan produk. Namun, Anda perlu memahami dasar-dasar ilmu marketing penjualan. Apa saja dasar-dasar dari marketing penjualan? Perhatikan pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Planning

Planning atau perencanaan menjadi proses awal yang perlu dilakukan agar bisnis lebih terarah. Anda perlu membuat perencanaan pemasaran yang dapat berupa langkah awal yang hendak dilakukan, rencana penerapan, hingga pengembangan. Hal ini bertujuan untuk melihat prospek bisnis. Anda pun harus merencanakan anggaran untuk pemasaran.

2. Pricing

Berkaitan dengan rencana anggaran untuk pemasaran, Anda harus mampu menentukan besarnya biaya pemasaran serta harga produk. Inilah yang disebut dengan ilmu pricing. Untuk menetapkan besarnya harga produk, silakan lakukan survei pasar dengan memeriksa harga yang diberikan pesaing. Sementara itu, besarnya biaya pemasaran bergantung dengan jenis dan media yang digunakan.

3. Selling

Ilmu selling berkaitan dengan cara menjual produk yang dimiliki perusahaan. Anda bisa melakukan penjualan secara langsung atau online, Jika melakukan penjualan produk secara online, Anda harus memilih platform yang tepat. Apakah Anda hendak menjual di website, media sosial, atau marketplace? Kemudian, tentukan strategi penjualan agar meraih omzet yang banyak.

4. Advertising

Pada dasarnya, advertising menjadi bagian dari cara menjual produk.Ilmu ini membahas cara menarik perhatian pelanggan. Periklanan dapat dilakukan dengan memanfaatkan media offline dengan membuat poster, selebaran, atau baliho. Jika memanfaatkan media online, konten-konten iklan dapat diunggah di berbagai media sosial atau website perusahaan.

5. Analyzing

Ilmu analisis penting juga dipahami karena jika memiliki analisis yang baik, perusahaan dapat memahami kondisi pasar. Dengan begitu, pemasaran dapat dilakukan dengan baik. Analisis dapat juga dilakukan terhadap strategi pemasaran yang telah diterapkan. Dengan begitu, perusahaan bisa melakukan evaluasi serta menentukan tindak lanjut untuk meningkatkan penjualan.

Itulah lima ilmu marketing yang sebaiknya dipahami oleh pebisnis. Sudahkah Anda memahaminya?