5 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Penting Diketahui!

Facebook
Twitter
LinkedIn
5 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Penting Diketahui!

Indikator kepuasan pelanggan adalah hal penting yang sudah sepantasnya dipahami oleh pelaku bisnis. Fungsi indikator kepuasan pelanggan adalah pelaku bisnis dapat mengetahui keluhan sekaligus umpan balik dari konsumen yang dapat dijadikan dasar untuk mengembangkan dan memajukan bisnis. Dengan mengetahui pentingnya indikator tersebut, perusahaan pun berlomba-lomba untuk mempelajari cara mengukur indikator kepuasan pelanggan. Adapun langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan kuesioner: Perusahaan bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Di samping itu, pertanyaan juga dapat berhubungan dengan pelayanan yang diberikan perusahaan. Dari jawaban konsumen, perusahaan dapat mengidentifikasi tingkat kepuasan serta permasalahan yang ada.
  • Memanfaatkan indeks kepuasan pelanggan: Indeks kepuasan pelanggan adalah metode yang dikembangkan oleh AMerican Society for Quality. Ada beberapa faktor yang bisa digunakan untuk menentukan indeks kepuasan pelanggan. Adapun faktor-faktor tersebut, antara lain, adalah kualitas produk dan kemudahan mendapatkan produk.
  • Melakukan survei pelanggan: Survei juga dapat dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Di samping itu, survei juga dapat menampung keluhan hingga umpan balik dari pelanggan. Dengan begitu, perusahaan bisa melakukan perbaikan sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan pelanggan.

Baca juga: 7 Tips Marketing yang Siap Hantarkan Kesuksesan Bisnis Anda

Apa Saja Indikator Kepuasan Pelanggan?

Setelah mengetahui cara mengukurnya, Anda perlu mengetahui 5 indikator kepuasan pelanggan menurut ahli berikut.

1. Kualitas produk

Kualitas produk atau jasa menjadi penentu tingkat kepuasan pelanggan. Pelanggan tentu menginginkan produk yang berkualitas. Makin bagus kualitas produk, kepuasan pelanggan akan makin meningkat, begitu juga sebaliknya.

2. Kualitas pelayanan

Selain produk, perusahaan juga perlu memperhatikan kualitas pelayanan. Jika pelayanan terhadap konsumen hanya asal-asalan, tentu pelanggan akan merasa kecewa. Namun, apabila pelayanan bagus, pelanggan akan merasa puas.

3. Harga produk

Pelanggan akan merasakan kepuasan jika mendapatkan produk dengan harga yang terjangkau. Meski demikian, perusahaan harus mempertimbangkan kualitas dalam menentukan harga. Pastikan perusahaan tidak merugi.

4. Kemudahan akses produk

Setiap pelanggan tentu ingin mendapatkan produk dengan mudah. Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan memfasilitasinya. Pembelian produk yang mudah bisa diwujudkan dengan transaksi online dengan pembayaran transfer.

5. Iklan produk

Iklan juga menjadi bagian dari penentu kepuasan pelanggan. Perusahaan sebaiknya membuat iklan produk yang mudah dimengerti oleh masyarakat. Dengan begitu, iklan akan menarik perhatian masyarakat sehingga mau membeli produk.

Manakah indikator yang sudah Anda maksimalkan?