7 Strategi Instagram Marketing yang Patut Dicoba!

Facebook
Twitter
LinkedIn
instagram marketing

Instagram marketing adalah strategi pemasaran yang efektif mengingat sudah banyak masyarakat yang menggunakan Instagram. Instagram tidak sekadar dijadikan sebagai bukti eksistensi di dunia maya. Akan tetapi, kini instagram juga dijadikan sarana untuk mencari produk sehingga tidak salah jika banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk promosi.

Karena terbilang masih baru, banyak perusahaan yang mulai belajar Instagram marketing. Mereka mulai menggali strategi-strategi yang dianggap mampu memaksimalkan pemasaran. Lantas, apa saja strategi yang bisa diterapkan?

Strategi Instagram Marketing untuk Perusahaan Anda

Pemasaran dengan Instagram pada dasarnya dibedakan menjadi pemasaran organik dan berbayar. Jika ingin lebih hemat dan bertahan lama, pemasaran organik dapat menjadi pilihan. Namun, jika ingin lebih cepat dampaknya, lakukan pemasaran. Silakan perhatikan strategi Instagram marketing di bawah ini.

Baca Juga: Marketing Funnel: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya

Menggunakan akun Instagram bisnis

Anda bisa menggunakan akun Instagram bisnis supaya lebih terkesan profesional. Di samping itu, akun Instagram bisnis juga dilengkapi fitur yang tidak ditemukan di akun Instagram pribadi. Misalnya, Anda dapat mengakses fitur Insight yang berupa statistik mengenai akun.

Mengunggah ulang foto atau stories follower

Unggahan foto atau stories followers bisa juga diunggah ulang. Hal ini akan menjadikan bisnis yang Anda lakoni terkesan lebih bersahabat dan natural. Namun, Anda harus memastikan bahwa unggahan dari pengikut tersebut masih relevan serta jangan lupa untuk menge-tag akunnya.

Membuat caption yang menarik

Penting juga untuk mempertimbangkan caption di setiap unggahan. Anda tidak perlu membuatnya terlalu panjang. Buatlah caption yang menarik dengan gaya khas perusahaan. Anda bisa membuat caption dengan panjang kira-kira 2.200 karakter agar tidak terlalu panjang.

Menambahkan hashtag yang kreatif

Saat menuliskan caption, tambahkan juga hashtag yang sesuai. Tidak harus banyak, Anda bisa menambahkan setidaknya empat hashtag yang relevan dengan unggahan dan caption. Adanya hashtag ini dapat meningkatkan engagement terhadap postingan Instagram.

Menambahkan call to action

Call to action atau instruksi ajakan bisa Anda tambahkan juga di caption yang kamu tuliskan. Tidak selalu merujuk ke membeli produk. Anda bisa membujuk pengikut untuk memberikan like untuk unggahan atau sekadar mention teman yang membutuhkan produk tersebut.

Membuat Instagram Ads

Anda bisa juga membuat iklan di Instagram dengan memanfaatkan platform Instagram Ads. Dengan Instagram Ads, Anda bisa mempromosikan unggahan di akun Anda. Durasi pengiklanan serta anggaran untuk iklan dapat Anda atur secara mandiri sehingga lebih efektif.

Bekerja sama dengan influencer

Kerja sama dengan influencer atau selebgram dapat juga Anda jadikan alternatif untuk pemasaran Instagram. Influencer akan membuat perusahaan Anda bisa menjangkau audiens dengan lebih luas. Namun, pastikan Anda memilih influencer yang relevan dengan produk yang ditawarkan.

Sudah siap untuk menerapkan Instagram marketing di perusahaan Anda?