Mencari Tahu Lebih Lanjut Apa Itu Internet Marketing

Facebook
Twitter
LinkedIn
internet marketing

Apa itu internet marketing? Internet marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan internet untuk mempromosikan produk. Strategi ini dapat dilakukan dengan berbagai saluran digital, seperti website, email, dan media sosial. Internet marketing tool yang dianggap paling besar pengaruhnya adalah website. Pasalnya, perusahaan bisa melakukan optimasi dengan SEO (search engine optimization) dan mengemasnya dalam desain yang menarik.

Banyak perusahaan yang mulai belajar internet marketing karena strategi ini memang banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dari berbagai kalangan sehingga lebih efektif dan efisien. Di samping itu, pemasaran dengan internet juga lebih hemat biaya operasional. Pemasaran internet juga dapat meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggan hingga pada akhirnya muncullah pelanggan yang loyal.

Baca Juga: 5 Manfaat Influencer Marketing bagi Bisnis Anda

Mengenali Beberapa Jenis Internet Marketing

Ada beragam jenis pemasaran melalui internet yang bisa diterapkan di sebuah perusahaan. Setiap jenis strategi tentu memiliki persiapan dan penerapan yang berbeda. Agar lebih jelas, perhatikan beberapa jenis strategi pemasaran lewat internet berikut.

Email Marketing

Strategi ini dilakukan dengan mengirimkan email kepada konsumen. Email dapat berisi kampanye pemasaran yang berupa penawaran produk hingga pemberitahuan terkait promo yang sedang berlangsung. Strategi pemasaran ini bersifat personal sehingga dapat mendekatkan perusahaan dengan konsumen. Hanya saja, pengiriman email perlu dibatasi agar tidak menjadi spam.

Social Media Marketing

Media sosial dapat juga dimanfaatkan untuk terhubung dengan konsumen. Strategi pemasaran dengan media sosial dapat dilakukan dengan membuat konten yang menarik sekaligus relevan. Konten-konten tersebut akan mengundang pengikut sehingga meningkatkan engagement. Lewat media sosial, perusahaan bisa mendapatkan feedback dari pelanggan melalui komentar yang disampaikan.

Search Engine Optimization

SEO adalah sarana yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas website bisnis. Dengan adanya SEO, website bisnis bisa muncul di halaman depan mesin pencarian. Hal ini akan meningkatkan pengunjung yang datang website perusahaan. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan, penjualan produk perusahaan juga akan meningkat karenanya.

Affiliate Marketing

Perusahaan dapat juga menerapkan strategi affiliate marketing. Strategi ini dilakukan perusahaan dengan bekerja sama dengan pihak luar untuk mendapatkan konsumen. Biasanya, pihak yang diajak kerja sama diminta untuk membagikan tautan tombol pembelian. Jika ada konsumen yang melakukan pembelian, pihak yang membagikannya tersebut akan mendapatkan komisi.

Influencer Marketing

Bekerja sama dengan influencer dapat juga dilakukan guna memperkenalkan produk ke khalayak. Bahkan, strategi ini dinilai paling jitu untuk mendapatkan konsumen. Pasalnya, perusahaan terlihat seolah-olah tidak melakukan klaim terhadap kelebihan serta kebermanfaatan produk. Konsumen tertarik atau tidak bergantung dengan ulasan yang disampaikan influencer.

Manakah strategi yang hendak Anda terapkan di perusahaan?