6 Jenis Content Marketing yang Support Pemasaran Produk

Facebook
Twitter
LinkedIn
6 Jenis Content Marketing yang Support Pemasaran Produk

Jenis content marketing sangatlah beragam. Oleh karena itu, penting untuk memahaminya sebelum memutuskan menggunakannya untuk mendukung pemasaran produk. Namun, sebelumnya, marilah kita bahas terlebih dahulu apa itu content marketing.

Content marketing adalah salah satu bentuk strategi pemasaran yang dilakukan dengan menyebarluaskan konten promosi. Digital content marketing dewasa ini sering didalami oleh perusahaan karena dianggap lebih efektif dan hemat biaya. Strategi content marketing ini memanfaatkan internet untuk menyebarluaskannya sehingga lebih luas jangkauannya.

Baca juga: Para Pebisnis Wajib Tahu 5 Ilmu Marketing Berikut Ini!

Ketahui Jenis Jenis Content Marketing

Setelah memahami content marketing, sudah saatnya Anda mencari tahu jenis content marketing. Simaklah pembahasannya di bawah ini.

1. Artikel

Anda dapat membuat artikel yang kemudian diunggah melalui blog website. Hal ini akan membantu Anda untuk mengenalkan brand kepada konsumen. Supaya artikel lebih mudah ditemukan, lakukanlah optimasi dengan memanfaatkan SEO. Anda juga sebaiknya melakukan riset keyword agar artikel lebih fokus.

2. Video

Tidak dapat dipungkiri bahwa konten video cenderung lebih mudah diterima. Jenis konten ini dapat juga diunggah ke berbagai platform, seperti website atau YouTube. Jika video hanya berdurasi singkat sekitar 1 menit, Anda pun bisa mengunggahnya di TikTok atau Instagram yang memang sedang digandrungi masyarakat.

3. Infografis

Beberapa orang memang malas membaca. Karena itulah, Anda bisa meringkas informasi dengan membuat infografik. Tidak sekadar tulisan, Anda bisa menambahkan gambar yang relevan sehingga pembaca merasa lebih antusias untuk melihatnya. Konten ini dapat diunggah di website atau media sosial.

4. User Generated Content

Konten ini kemungkinan paling mudah untuk dibuat. Pasalnya, perusahaan hanya perlu mengunggah ulang unggahan dari konsumen. Akan tetapi, Anda perlu memilih dan memilah postingan konsumen yang memang relevan dengan produk dan brand Anda. Anda bisa membuatnya sama persis atau dengan jenis konten lainnya.

5. Testimoni

Testimoni menjadi salah satu konten yang mampu meningkatkan kepercayaan konsumen. Hal ini karena testimoni berisi ulasan yang terasa lebih natural tanpa pengaruh atau klaim dari perusahaan. Anda bisa mendapatkannya dengan bertanya langsung atau sekadar menunggu ulasan yang diberikan setelah melakukan pembelian.

6. Konten Berbayar

Memang mayoritas konten pemasaran digital gratis. Namun, Anda bisa juga membuat konten berbayar untuk hasil yang lebih maksimal. Anda pun bisa bekerja sama dengan influencer untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan produk perusahaan. Pastikan bahwa influencer tersebut memiliki latar belakang yang relevan.

Anda dapat memanfaatkan salah satu jenis content marketing di atas untuk memasarkan dan mengenalkan produk kepada masyarakat. Namun, tidak salah juga jika Anda ingin memanfaatkan beberapa jenis konten secara sekaligus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.