7 Jenis Promosi Dasar yang Sepatutnya Dipahami Pebisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
7 Jenis Promosi Dasar yang Sepatutnya Dipahami Pebisnis

Jenis promosi penting untuk diketahui oleh perusahaan. Namun, sebelum membahas jenis promosi lebih lanjut, alangkah lebih baik kita pahami terlebih dahulu pengertian promosi. Promosi adalah kegiatan mengenalkan produk kepada publik. Tujuan promosi adalah untuk meningkatkan penjualan produk.

Promosi produk haruslah dilakukan dengan baik oleh perusahaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena itulah, perusahaan perlu menyusun strategi promosi dengan matang. Yang tidak kalah penting, perusahaan harus memilih promosi dengan tepat.

Baca juga: Iklan Advertorial: Ketahui Ciri, Jenis, dan Sifatnya

Jenis Promosi Dasar yang Penting Diketahui

Saat ini setidaknya jenis jenis promosi penjualan dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu promosi offline dan online. Promosi offline berarti dilakukan secara langsung atau melalui media cetak atau elektronik. Sementara itu, promosi online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet. Namun, ada tujuh jenis promosi dasar yang sebaiknya diketahui oleh pebisnis.

1. Iklan

Membuat iklan produk akan membantu meningkatkan brand awareness. Anda bisa memasang iklan di berbagai media, seperti surat kabar, majalah, atau reklame. Selain itu, media elektronik, seperti radio dan televisi, juga dapat dimanfaatkan untuk beriklan.

2. Direct marketing

Pemasaran secara langsung dilakukan perusahaan dengan menawarkan produk secara langsung keypad calon konsumen. Penawaran tersebut tidak harus dilakukan dengan bertemu langsung. Di era internet seperti sekarang, pemasaran ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan email atau aplikasi perpesanan lainnya.

3. Sales promotion

Promosi ini dilakukan dengan adanya batas waktu tertentu. Perusahaan membuat pelanggan berada dalam keadaan memaksa untuk melakukan pembelian. Misalnya saja, perusahaan mengadakan promo, diskon, obral, atau adanya tambahan barang gratis.

4. Personal selling

Perusahaan yang mengirimkan perwakilannya untuk melakukan penjualan berarti menggunakan promosi yang satu ini. Misalnya saja, perusahaan menugaskan telemarketing, call center, atau sales lapangan untuk menawarkan produk secara langsung kepada pelanggan. Promosi ini dapat juga dimanfaatkan untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan.

5. Public relation

Public relation atau bagian humas tidak bertugas untuk mempromosikan produk. Akan tetapi, bagian ini bertugas untuk menjaga nama baik perusahaan. Perusahaan dengan citra diri baik, tentunya akan lebih dipercaya sehingga masyarakat tidak ragu untuk membeli produk-produknya.

6. Sponsorship

Sponsorship dilakukan dengan menyediakan sumber daya dan uang untuk mendukung suatu acara. Dengan memberikan bantuan sumber daya dan atau dana tersebut, perusahaan juga turut dikenalkan dalam acara. Dengan kata lain, kedua belah pihak sama-sama diuntungkan.

7. Digital promotion

Digital promotion berarti promosi yang dilakukan memanfaatkan teknologi digital. Biasanya, perusahaan membangun website bisnis yang kemudian dioptimasi dengan SEO. Selain itu, ada juga perusahaan yang memaksimalkan penggunaan media sosial dengan membuat konten-konten yang relevan dengan produk yang ditawarkan perusahaan.

Silakan tentukan promosi yang hendak Anda terapkan di perusahaan.