3 Benefit Penggunaan Kartu Stok Barang untuk Pengelolaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Kartu Stok Barang

Kartu stok barang adalah kumpulan catatan pembukuan yang berisi rincian lengkap aktivitas transaksi di perusahaan. Jika dulunya berbentuk cetak, kartu dapat juga berbentuk elektronik. Hal ini karena sudah banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi stok barang.

Kartu persediaan barang dapat melengkapi buku stok barang sehingga laporan stok barang akan makin jelas. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan yang memiliki transaksi tinggi. Dengan begitu, kontrol stok barang akan lebih terjaga.

Baca juga: Budaya Perusahaan: Nilai-Nilai Pembangun Karakteristik

Benefit Penggunaan Kartu Stok Barang

Adanya kartu stok barang tentu memberikan benefit bagi perusahaan. Selain bermanfaat untuk laporan stok barang, ada juga benefit atau keuntungan lainnya. Adapun keuntungan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Menjadikan penataan ruang efisien

Adanya kartu persediaan barang membuat penempatan barang lebih tertata. Hal ini karena sebelum membuat kartu tersebut, persediaan barang perlu ditata berdasarkan jenisnya agar mudah untuk didata. Dengan penataan yang lebih rapi, tentu ruangan menjadi lebih efisien. Proses distribusi barang di gudang juga akan lebih cepat dan akurat.

2. Meminimalkan kesalahan

Kartu persediaan barang akan memudahkan pengecekan transaksi. Hal ini karena data pada kartu tersebut didapatkan dari nota transaksi yang dilakukan. Di sisi lain, data pada kartu telah disesuaikan dengan jumlah barang yang ada. Dengan begitu, pengadaan barang pun tidak akan mengalami kesalahan.

3. Menjadi database inventaris perusahaan

Kartu persediaan barang juga menjadi bahan database inventaris perusahaan. Selain memudahkan pengecekan persediaan barang, data pada kartu tersebut juga akan memudahkan proses audit. Grafik terkait barang yang masuk dan keluar juga akan mudah dianalisis berkat adanya kartu persediaan barang.

Setelah mengetahui keuntungannya, tentu Anda ingin merasakannya, bukan? Anda bisa membuat kartu persediaan barang dengan format tabel. Untuk itulah, gunakanlah Microsoft Excel untuk membuatnya. Lihat kartu stok barang excel pada tautan di bawah ini.

Template Kartu Stok Barang

Dengan template tersebut, Anda bisa melakukan pendataan terhadap barang-barang persediaan yang ada di gudang. Jika ingin lebih maksimal, manfaatkan juga software atau aplikasi stok barang untuk dijadikan cadangan data bila sewaktu-waktu dibutuhkan.