5 Hal yang Penting Diperhatikan dalam Kerjasama Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn

Kerjasama bisnis adalah upaya yang dilakukan oleh dua pihak untuk mencapai tujuan usaha bersama. Dengan kata lain, tujuan kerjasama bisnis adalah mengembangkan dan memajukan usaha secara bersama-sama. Hal ini kerap dilakukan oleh berbagai perusahaan, dari skala kecil hingga besar.

Sayangnya, dalam melakukannya terkadang muncul penipuan kerjasama bisnis yang merugikan salah satu pihak. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kontrak kerjasama bisnis dengan saksama. Bila perlu hadirkan saksi hukum untuk memperkuat jalinan kerja sama yang akan dibangun.

Hal Penting yang Wajib Diperhatikan dalam Kerjasama Bisnis

Bentuk kerjasama bisnis ada bermacam-macam. Misalnya, ada perusahaan yang dibangun dengan uang patungan yang disebut joint venture. Kemudian, ada juga kerja sama bagi hasil yang menempatkan satu pihak sebagai pemodal utama, sedangkan pihak lain sebagai pengelola usaha.

Apapun bentuk kerja sama yang dilakukan, Anda tetap harus menjalaninya dengan waspada agar tidak mengalami kerugian.Untuk itulah, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting kala menjalin kerja sama dengan pihak lain.

Baca Juga: 7 Risiko Bisnis yang Patut untuk Diwaspadai Perusahaan Anda

Visi dan Misi

Kerja sama antara dua belah pihak dapat berlangsung dengan baik apabila memiliki visi dan misi yang sama. Dengan kata lain, kedua pihak memiliki tujuan sama yang hendak dicapai. Jika visi dan misi berbeda, tentunya kerja sama tidak akan terarah bahkan tidak dapat berjalan dengan baik.

Bentuk Kerja Sama

Seperti penjelasan sebelumnya, ada beragam kerja sama yang bisa dijalani oleh seseorang atau sebuah perusahaan. Bentuk kerja sama tersebut harus benar-benar dipahami oleh kedua belah pihak yang akan menjalin kesepakatan. Hal ini karena bentuk kerja sama berkaitan erat dengan tugas dan keuntungan.

Kontrak Kerja Sama

Dari penjelasan di atas diketahui bahwa kontrak kerja sama akan memberikan jaminan keamanan. Pasalnya, dengan kontrak kerja sama, Anda bisa terhindar dari penipuan. Untuk itulah, Anda perlu mempelajari kontrak kerja sama dengan baik. Pastikan bahwa kerja sama yang dilakukan sama-sama menguntungkan.

Tugas dan Tanggung Jawab

Dalam menjalankan kerja sama, perusahaan dan relasi harus membagi tugas dan tanggung jawab dengan adil. Pastikan juga bahwa tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada pihak tertentu memang sesuai dengan kapasitasnya. Hal ini supaya tugas dan tanggung jawab dapat diselesaikan dengan baik.

Komunikasi

Yang tidak kalah penting dalam menjalani kerja sama adalah komunikasi. Komunikasi yang buruk tentu akan berefek buruk juga pada kerja sama yang dijalani. Apabila ada kekeliruan atau permasalahan, sebaiknya segera disampaikan untuk didiskusikan dan ditemukan solusinya secara bersama-sama.

Itulah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat hendak melakukan kerja sama. Silakan diperhatikan agar kerja sama yang Anda jalani dapat berjalan dengan baik.