4 Jenis Manajemen Bisnis yang Sepantasnya Diketahui

Facebook
Twitter
LinkedIn
manajemen bisnis

Manajemen bisnis patut untuk dipahami sekaligus diterapkan oleh para pelaku bisnis. Dengan begitu, pengelolaan bisnis akan lebih terkontrol. Hal ini akan berdampak pada tercapainya tujuan dengan tepat waktu.

Manajemen bisnis adalah proses perencanaan dan pengorganisasian sumber daya demi tercapainya tujuan perusahaan. Sumber daya yang dimaksud meliputi segala hal yang dibutuhkan dalam proses produksi perusahaan, termasuk karyawan.

Mengenal Jenis Jenis Manajemen Bisnis

Pada dasarnya, manajemen dalam suatu usaha dibedakan menjadi beberapa jenis. Perusahaan harus mengenalnya dengan baik agar mampu menerapkannya dengan maksimal. Adapun jenis jenis manajemen bisnis yang patut untuk diketahui adalah sebagai berikut.

Manajemen Keuangan

Jenis manajemen ini akan berpengaruh terhadap bagian akuntan. Manajemen keuangan yang baik akan menjadikan analisis arus keuangan mudah dilakukan. Hal ini menjadikan dana yang masuk dan keluar perusahaan lebih jelas. Selain itu, perusahaan juga akan lebih mudah mengambil keputusan karena memiliki data yang jelas dan akurat.

Contoh manajemen bisnis pada jenis ini terlihat pada penerapan pembukuan keuangan perusahaan. Perusahaan bisa membuat laporan laba rugi, arus kas, posisi keuangan, perubahan ekuitas, hingga catatan atas laporan keuangan. Laporan tersebut akan membantu penilaian kinerja perusahaan secara real time dan akurat.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bisnis. Karena itulah, tidak salah jika sumber daya manusia adalah aset terpenting bagi suatu perusahaan. Hal ini karena SDM yang memegang kendali atas berbagai unsur di perusahaan, mulai dari keuangan, material, hingga operasional.

Namun, sumber daya manusia harus diorganisasi dengan baik agar teratur dan berjalan sesuai dengan tugasnya. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat struktur organisasi dengan pembagian tanggung jawab yang jelas. Kemudian, untuk meningkatkan keterampilannya dapat dilakukan pelatihan tertentu.

Manajemen Operasional

Manajemen operasional dimanfaatkan untuk memastikan segala aktivitas di perusahaan berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya. Untuk mendukung manajemen ini dibuatlah standar operasional prosedur (SOP). Perusahaan juga bisa melengkapinya dengan kebijakan dan aturan tertentu.

Adanya manajemen operasional dapat membantu menjaga kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Karena itulah, jenis manajemen ini dapat juga diwujudkan dengan membuat perencanaan terkait target produksi.

Manajemen Pemasaran

Marketing bertugas untuk memasarkan produk sekaligus membangun citra perusahaan. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu memiliki manajemen pemasaran yang bagus. Manajemen pemasaran akan berpengaruh terhadap perkembangan suatu usaha. Hal ini karena manajemen pemasaran akan memengaruhi keuntungan yang didapat.

Manajemen pemasaran dapat didukung dengan berbagai sarana dan strategi. Misalnya saja, adanya pemanfaatan website dan pemaksimalan media sosial. Kemudian, perusahaan bisa mengadakan program gratis ongkir atau promo produk tertentu.

Jadi, sudahkah Anda menyiapkan manajemen untuk usaha yang Anda bangun?

Baca Juga : KPI Perusahaan: Ukur Kesuksesan Perusahaan dengan Efektif