Manajemen Pemasaran: Sudah Tahu Fungsi dan Tujuannya?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Manajemen Pemasaran

Marketing management atau manajemen pemasaran adalah usaha untuk merencanakan dan menerapkan kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran. Kegiatan yang dimaksud berupa pengorganisasian, pengawasan, dan pengendalian pemasaran agar tujuan perusahaan tercapai dengan lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, marketing management begitu dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

Dari penjelasan terkait definisinya dapat diketahui fungsi manajemen pemasaran sebagai berikut.
Menganalisis Pasar: Adanya manajemen marketing akan membantu perusahaan dalam menganalisis pasar. Artinya, perusahaan akan mudah dalam mengidentifikasikan peluang dan ancaman. Di samping itu, perusahaan dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen. Bahkan, perilaku konsumen dapat diketahui oleh perusahaan.

Membuat Segmentasi Pasar: Segmentasi pasar dilakukan untuk membagi pasar menjadi beberapa kelompok berdasarkan kriteria tertentu. Adanya segmentasi pasar akan menjadikan pemasaran lebih terarah. Dengan begitu, pemasaran yang dilakukan akan lebih efektif dan efisien sehingga berdampak baik bagi perusahaan.

Baca juga: 5 Manfaat Penting Punya Partner Bisnis bagi Perusahaan

Menetapkan Target Pasar: Adanya segmentasi pasar juga memudahkan perusahaan dalam menetapkan target pasar. Dengan demikian, perusahaan dapat membuat strategi promosi yang lebih sesuai. Produk atau layanan yang ditawarkan kepada konsumen pun akan lebih tetap sasaran.

Merencanakan Pemasaran: Pemasaran yang direncanakan dengan baik tentu akan lebih maksimal hasilnya. Perencanaan tersebut dapat terwujud dengan baik apabila memiliki sistem manajemen yang baik pula. Pasalnya, ada pengawasan serta pengendalian secara berkala.

Tujuan Manajemen Pemasaran di Perusahaan

Setelah mengetahui fungsinya, selanjutnya kami akan membahas tujuan strategi manajemen pemasaran. Dengan begitu, Anda tidak ragu lagi untuk menerapkannya dalam perusahaan.

  1. Menciptakan permintaan: Manajemen marketing dapat mengetahui selera konsumen sehingga produk atau layanan dapat menyesuaikan. Hal ini dapat membuka peluang terciptanya permintaan produk baru.
  2. Meningkatkan keuntungan: Produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen tentu akan banyak diminati. Alhasil, penjualan akan terus bertambah sehingga keuntungan perusahaan akan meningkat.
  3. Mendatangkan konsumen baru: Adanya manajemen marketing juga akan membantu mendatangkan konsumen baru. Pasalnya, pemasaran yang lebih terorganisasi akan menarik minat masyarakat.
  4. Memuaskan pelanggan: Kepuasan pelanggan bisa didapatkan dari produk berkualitas dan pelayanan prima. Selain itu, pelanggan akan merasa puas dengan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
  5. Menjadikan citra perusahaan baik: Pemasaran yang dilakukan dengan efektif dan efisien serta berbeda dari yang lain akan meningkatkan citra baik perusahaan. Hal ini lagi-lagi berdampak pada peningkatan jumlah penjualan.

Jadi, tunggu apalagi segera bentuk manajemen pemasaran di perusahaan Anda untuk mendapatkan manfaatnya secara nyata.