Manajemen SDM: Upaya Mengatur SDM Perusahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Manajemen SDM

Manajemen SDM adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan terhadap sumber daya manusia yang mendukung kegiatan perusahaan. Tujuan utama diterapkannya manajemen ini supaya tercipta budaya positif sehingga perusahaan dapat terus tumbuh dan berkembang. Hal ini karena sumber daya manusialah yang menjadi faktor utama dalam mencapai tujuan perusahaan.

Perusahaan harus menyadari pentingnya manajemen SDM. Manajemen ini memiliki peranan penting terhadap pembentukan karyawan yang berkualitas. Jika perusahaan memiliki karyawan yang berkualitas tentu akan menghasilkan produk-produk yang berkualitas pula sehingga konsumen pun akan merasa puas.

Baca Juga: Keseimbangan Pasar Ketahui Proses Pembentukannya

Mengetahui Fungsi dan Tujuan dari Manajemen SDM

Manajemen sumber daya manusia begitu vital diterapkan di sebuah perusahaan jika mengingat fungsinya. Lantas, apa saja fungsi manajemen SDM di sebuah perusahaan? Perhatikanlah penjelasannya di bawah ini.

  • Perencanaan: Manajemen ini akan membantu perusahaan dalam mempersiapkan pengambilan keputusan yang berpengaruh terhadap pencapaian tujuan.
  • Perekrutan: Perekrutan tenaga kerja atau sumber daya manusia yang berkualitas dapat didukung dengan adanya manajemen yang baik.
  • Seleksi: Seleksi tidak hanya dilakukan saat menjaring karyawan baru, tetapi juga terhadap karyawan tetap sehingga dibutuhkan manajemen yang tepat.
  • Pelatihan: Manajemen ini akan membantu pengadaan pelatihan untuk karyawan sehingga keterampilan dapat berkembang dan meningkat.
  • Evaluasi: Setiap karyawan perlu dievaluasi sebagai bentuk penilaian agar dapat melakukan perbaikan sehingga kualitasnya akan makin baik.
  • Kompensasi: Manajemen yang baik akan mendukung pemberian kompensasi, baik yang berupa apresiasi atau penggajian, terhadap karyawan.
  • Integrasi: Dapat dikatakan bahwa perusahaan dan karyawan sama-sama saling membutuhkan sehingga perlu diselaraskan agar terbentuk hubungan baik.
  • Pemeliharaan: Manajemen perusahaan bertanggung jawab untuk memelihara karyawan, baik dari segi fisik, mental, maupun loyalitas.
  • Pemberhentian: Pemutusan hubungan kerja juga sebaiknya diatur dalam manajemen sehingga aturan terkait pemberhentian tersebut lebih jelas.

Sementara itu, tujuan dari strategi manajemen SDM dibedakan menjadi tujuan sosial, tujuan fungsional, dan tujuan individual. Tujuan sosial berkaitan pada pencegahan terhadap munculnya hambatan yang menghalangi perusahaan mencapai tujuan. Kemudian, tujuan fungsional berkaitan dengan pemeliharaan SDM agar dapat berkontribusi dengan maksimal. Sementara itu, tujuan individual berhubungan dengan keselarasan antara tujuan perusahaan dan karyawan.