5 Manfaat Influencer Marketing bagi Bisnis Anda

Facebook
Twitter
LinkedIn
5 Manfaat Influencer Marketing bagi Bisnis Anda

Apa itu influencer marketing? Influencer marketing adalah strategi pemasaran yang merujuk pada kolaborasi perusahaan dengan influencer untuk meningkatkan brand awareness atau mempromosikan produk. Sementara itu, influencer adalah seseorang yang dianggap memiliki pengaruh kuat kepada masyarakat. Di era media sosial seperti sekarang, influencer bisa berupa seseorang yang mempunyai banyak pengikut.

Strategi influencer marketing dapat berupa endorsement, kampanye atau iklan di media sosial, ulasan singkat, hingga unboxing produk. Pemasaran seperti ini dirasa lebih efektif karena masyarakat lebih mudah menerimanya. Mereka lebih percaya karena perusahaan seolah-olah tidak melakukan klaim tentang keunggulan dan kebermanfaatan produk. Hal ini akan mendorong masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk.

Baca juga: 6 Jenis Content Marketing yang Support Pemasaran Produk

Manfaat Strategi Influencer Marketing bagi Bisnis Anda

Seperti penjelasan sebelumnya, strategi pemasaran ini tidak sekadar bermanfaat bagi peningkatan penjualan produk, tetapi juga bermanfaat untuk bisnis secara umum. Adapun secara lebih jelas manfaat influencer marketing adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan brand awareness

Bekerja sama dengan influencer akan meningkatkan brand awareness perusahaan. Pasalnya, brand akan makin dikenal luas oleh masyarakat. Namun, pastikan bahwa influencer tersebut memiliki latar belakang yang relevan agar lebih selaras dengan produk yang ditawarkan.

2. Menjadikan produk sebagai pusat perhatian

Seorang influencer pasti menjadi perhatian bagi para pengikutnya. Jika ia membalas atau mengulas sebuah produk, tentunya para pengikutnya pun akan turut memperbincangkannya. Bukan tidak mungkin juga mereka akan tergerak untuk menggunakan produk yang sama dengan sang influencer.

3. Meningkatkan kredibilitas brand

Disebut influencer karena mereka dipercaya oleh banyak pendukung atau pengikutnya. Hal ini akan berdampak pula terhadap brand atau produk yang mereka tawarkan. Jika masyarakat sudah percaya dengan sebuah brand, otomatis kredibilitas brand tersebut ikut meningkat.

4. Menghadirkan konten menarik

Tidak sekadar memberikan ulasan untuk produk, para influencer pun berlomba-lomba membuat konten promosi yang menarik. Alhasil, perusahaan pun turut mendapatkan imbas positifnya. Konten tersebut bisa digunakan perusahaan sebagai bentuk promosi juga.

5. Menjangkau konsumen lebih luas

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seorang influencer biasanya memiliki banyak pengikut di media sosial. Ketika ia mempromosikan sebuah brand atau produk, tentu pengikutnya tersebut akan melihatnya. Dengan kata lain, jangkauan konsumen untuk produk juga lebih luas.

Itulah beberapa manfaat dari strategi pemasaran yang berupa bekerja sama dengan influencer. Selain mencari influencer yang tepat, Anda pun perlu membuat rencana anggaran untuk menerapkan strategi ini.