5 Manfaat Komunikasi Pemasaran Beserta Contohnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
5 Manfaat Komunikasi Pemasaran Beserta Contohnya

Marketing communication (marcom) atau komunikasi pemasaran adalah pesan atau media yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan target audiens. Kegiatan branding, public relation, iklan, pemaksimalan media sosial untuk bisnis, hingga pengemasan menjadi bagian dari strategi komunikasi pemasaran.

Fungsi dari marketing communication adalah sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Dengan demikian, konsumen dapat memahami produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Alhasil, tujuan komunikasi pemasaran, yaitu meningkatkan penjualan, bisa tercapai.

Contoh komunikasi pemasaran yang bisa dilakukan adalah membuat konten iklan melalui media sosial. Konten tersebut dapat berupa infografis atau video. Selain itu, menjalin kerja sama dengan menjadi sponsor untuk sebuah acara juga termasuk bentuk marcom.

Baca juga: Buyer Persona: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Mengenal Manfaat Komunikasi Pemasaran

Setelah mengetahui fungsi dan manfaatnya, Anda perlu memahami juga manfaat dari marketing communication. Anda sudah tahu?

1. Memelihara hubungan dengan konsumen

Marcom dapat membangun sekaligus memelihara hubungan dengan konsumen. Bahkan, perusahaan bisa membangun dan menjaga hubungan baik dengan para pemangku kepentingan. Jika kedua hubungan tersebut terjaga dengan baik, tentunya perusahaan dapat menjalankan kegiatan operasional dengan lancar.

2. Melakukan inovasi untuk pemasaran produk

Inovasi harus senantiasa dilakukan oleh perusahaan supaya mampu bersaing dengan kompetitor. Tidak sekadar ide yang kreatif, Anda pun harus mampu menyampaikan ide kreatif tersebut kepada tim supaya bisa direalisasikan. Di situlah, marcom memiliki peranan yang penting.

3. Meningkatkan transparansi

Transparansi antartim dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan marketing communication. Selain antartim, marcom dapat meningkatkan transparansi perusahaan kepada pemangku kepentingan dan pelanggan. Hal ini akan menjadikan komunikasi perusahaan dan pelanggan lebih efektif sehingga pesan mudah tersampaikan.

4. Mengatasi hambatan pemasaran

Saat melakukan pemasaran tidak menutup kemungkinan akan ada hambatan yang menghadang. Jika hambatan dapat dikomunikasikan dengan pihak terkait, tentu akan mudah ditangani. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan komunikasi yang tepat agar pemasaran dapat dilakukan tanpa hambatan yang berarti.

5. Membangun profesionalisme

Suatu perusahaan pastinya menjalin hubungan profesional dengan pihak lain, baik stakeholder, relasi, maupun pelanggan. Agar hubungan terjalin dengan profesional, perusahaan membutuhkan marketing communication yang baik.

Dengan berbagai manfaat yang telah dijelaskan di atas, tentu Anda tidak ragu lagi untuk mempersiapkan marketing communication untuk bisnis Anda, bukan?