Strategi Market Driven: Fokus terhadap Target yang Jelas

Facebook
Twitter
LinkedIn
Market Driven

Apa itu market driven? Strategi market driven adalah strategi pemasaran yang menyasar hanya pada sekelompok pelanggan. Karena itulah, untuk menerapkan strategi ini, perusahaan harus memahami kebutuhan pelanggan dengan baik. Dengan begitu, produk dan promosi yang dilakukan dapat tepat sasaran.

Dewasa ini banyak perusahaan yang memanfaatkan strategi pemasaran yang satu ini. Pasalnya, dengan target pelanggan yang fokus, keunggulan produk lebih mudah ditonjolkan. Di samping itu, produk yang ditawarkan akan lebih untuk diterima karena memang dibuat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa strategi ini memiliki pondasi yang harus dipenuhi agar berhasil dengan baik saat diterapkan. Pertama, Anda harus menentukan target pasar, yang bisa didasarkan pada jenis kelamin, pekerjaan, atau minat. Setelah menentukan target pasar, pastikan untuk mencari tahu kebutuhan mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan cara wawancara.

Tidak kalah penting juga untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan yang ditargetkan. Jika perlu, Anda bisa melibatkan pelanggan dalam proses pemasaran. Misalnya, dengan meminta testimoni positif kepada mereka atau memberikan hadiah bagi yang mau mempromosikan produk dan berhasil mendatangkan transaksi penjualan.

Baca Juga:  Flywheel Marketing: Fokus pada Pengalaman Pelanggan

Tips Menerapkan Market Driven pada Bisnis

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, ikutlah tips menerapkan strategi market driven berikut.

Berfokus pada target pasar

Strategi ini diawali dengan memilih target pasar. Setelah itu, Anda bisa berfokus pada target yang sudah ditentukan dengan melakukan riset secara mendalam. Riset dilakukan untuk mengetahui kebutuhan konsumen akan suatu produk. Anda bisa juga melakukan riset terkait minat mereka.

Mengoptimalkan customer value

Anda memang perlu mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang konsumen. Dengan informasi yang detail akan membuka peluang bagi perusahaan untuk menghasilkan produk yang tepat. Dengan begitu, sudah barang tentu produk akan selalu dicari oleh konsumen.

Memanfaatkan review konsumen

Ulasan dari pelanggan dapat Anda manfaatkan untuk mendukung promosi perusahaan. Bila perlu Anda meminta review atas produk yang digunakan kepada konsumen. Ulasan tersebut akan menambah rasa percaya masyarakat akan produk yang Anda tawarkan.

Melakukan promosi secara personal

Selain itu, Anda bisa melakukan promosi secara personal. Di era internet seperti sekarang rasanya hal ini bukanlah perkara yang sulit. Jika Anda telah mendapatkan kontak konsumen, Anda bisa melakukan penawaran secara personal dengan memberikan penawaran promo atau diskon.

Menunjukkan perbedaan dari kompetitor

Tunjukkanlah hal yang berbeda yang ada produk yang ditawarkan. Tentunya, perbedaan ini berupa keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk dari perusahaan. Dengan begitu, masyarakat akan tertarik untuk mendapatkannya karena dianggap unik.

Jadikan strategi market driven untuk memasarkan produk perusahaan Anda!