Marketing Automation: Solusi Mudah untuk Pasarkan Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
Marketing Automation: Solusi Mudah untuk Pasarkan Bisnis

Untuk memudahkan proses pemasaran produk, perusahaan bisa mengandalkan marketing automation atau otomatisasi pemasaran. Marketing automation adalah perangkat lunak yang membantu tugas pemasaran sehingga lebih mudah. Perangkat ini dibutuhkan jika perusahaan memang kerap melakukan tugas berulang, seperti mengirimkan email penawaran atau mengunggah konten di media sosial. Secara mendetail, manfaat otomatisasi pemasaran adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan efisiensi pemasaran

Adanya marketing automation tools menjadikan pemasaran lebih efisien. Hal ini karena konten pemasaran akan lebih teratur diunggah oleh perusahaan. Di samping itu, otomatisasi pemasaran juga mengurangi biaya tenaga kerja.

  • Menyelaraskan pemasaran dan penjualan

Tujuan pemasaran dan penjualan juga menjadi lebih selaras dengan adanya otomatisasi pemasaran. Hal ini karena perusahaan akan lebih mudah dalam menemukan konsumen potensial sehingga penjualan bisa sesuai dengan tujuan.

  • Menampilkan konten yang relevan

Karena mudah dalam menemukan konsumen potensial, perusahaan pun lebih mudah dalam menampilkan konten iklan yang relevan. Di samping itu, konten juga lebih tertata dan bisa disesuaikan dengan momen tertentu.

Perangkat ini juga memungkinkan untuk menjadikan strategi pemasaran dapat dilakukan secara personal. Artinya, Anda bisa melacak pelanggan potensial melalui interaksi di website. Hal ini tentu menjadi angin segar untuk perusahaan mendapatkan penjualan yang sesuai dengan target.

Baca juga: Apa Itu Decoy Effect? Cari Tahu Cara Kerjanya!

Contoh Marketing Automation dalam Sebuah BIsnis

Sesuai dengan namanya, perangkat ini bekerja dengan mengotomatisasi berbagai hal yang berkaitan dengan proses pemasaran. Ringkasnya, data untuk pemasaran akan dikumpulkan secara otomatis melalui media sosial atau website. Hal ini mempermudah segmentasi konsumen sehingga penentuan target konsumen lebih tepat dan singkat.

Contoh pemanfaatannya tergambar pada pengiriman email selamat datang (welcome email). Perusahaan bisa mengirimkan email selamat datang kepada pelanggan baru yang mendaftar sehingga berpeluang untuk menjadi pelanggan tetap.

Di samping itu, ada juga sistem reward untuk pelanggan VIP atau pelanggan loyal. Perangkat tersebut akan membantu perusahaan untuk menemukan pelanggan VIP dan pelanggan loyal sehingga bisa memberikan penghargaan.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menerapkan otomatisasi pemasaran di perusahaan Anda?