7 Media Promosi Online untuk Dukung Pemasaran Digital!

Facebook
Twitter
LinkedIn
media promosi online

Di era serba digital seperti sekarang menjadikan media promosi online sebagai kanal pemasaran yang paling diminati. Promosi online adalah aktivitas memperkenalkan produk atau layanan perusahaan dengan memanfaatkan media internet. Sama halnya dengan promosi secara umum, cara promosi online juga terdiri dari perencanaan, tindakan, pelayanan, hingga pengiriman.

Perbedaan promosi online dan offline adalah pelaksanaan aktivitas promosi. Promosi offline tentunya akan dilakukan secara langsung dengan menemui calon konsumen. Sementara itu, promosi online lebih banyak memanfaatkan internet saat menawarkan produk atau jasa.

Strategi promosi online memiliki keunggulan yang tidak ada pada promosi offline. Adapun kelebihan promosi online adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan daya saing perusahaan.
  2. Menjangkau calon konsumen secara lebih luas.
  3. Memudahkan untuk mendapat umpan balik dari konsumen.
  4. Menghemat biaya pemasaran produk atau layanan perusahaan.
  5. Membantu dalam membangun brand awareness dengan lebih efektif.

Baca Juga: 5 Sifat Strategi Usaha yang Patut Diterapkan Perusahaan!

Contoh Media Promosi Online untuk Perusahaan Anda!

Sejatinya ada beragam jenis media promosi online yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan. Namun, perusahaan harus memilih media yang sesuai dengan segmen pasar yang telah ditentukan sehingga hasilnya lebih optimal. Berikut ini adalah pilihan media promosi untuk perusahaan Anda.

Google Shopping

Google menjadi mesin pencarian terpopuler, khususnya di Indonesia. Tidak sekadar membantu menemukan informasi, Google dapat juga dimanfaatkan untuk mempromosikan produk melalui fitur Google Shopping. Fitur ini berisi gambar produk, harga, hingga link ke penjual.

Facebook Ads

Pengguna Facebook di Indonesia begitu banyak. Hal ini menjadi peluang bagi para pebisnis untuk memanfaatkan fitur Facebook Ads untuk berjualan. Iklan yang dibuat di Facebook dapat dijangkau oleh beragam kalangan dan usia sehingga lebih efektif.

Instagram Ads

Saat ini rasanya Instagram menjadi salah satu media sosial yang sering diakses masyarakat. Media sosial yang merupakan bagian dari Meta ini juga memiliki fitur Ads. Perusahaan dapat memanfaatkannya untuk beriklan dengan harga yang lebih terjangkau.

TikTok Ads

Meskipun pendatang baru, TikTok sudah berhasil merebut hati masyarakat. Media sosial ini juga memiliki fitur Ads yang dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk. Selain lebih prospek, perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya beriklan.

YouTube Ads

Anda pasti sering melihat iklan ketika menonton video di YouTube, bukan? Iklan di YouTube bisa berupa video, bisa juga berupa iklan banner yang muncul pada saat Anda memutar video tertentu. Hal ini menjadi cara jitu dari perusahaan untuk mengiklankan produk mereka.

Marketplace

Selain untuk berjualan, marketplace dapat juga dimanfaatkan untuk beriklan. Salah satu cara berpromosi di marketplace yang bisa dilakukan adalah dengan membuat katalog yang menarik dan mudah dipahami. Dengan begitu, konsumen lebih mudah dalam mengenali produk yang ditawarkan perusahaan.

Kira-kira media apa yang hendak Anda pilih untuk berpromosi?