Kenali Lebih Lanjut tentang Merger Perusahaan!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Kenali Lebih Lanjut tentang Merger Perusahaan!

Merger perusahaan adalah kesepakatan antara dua perusahaan atau lebih untuk bergabung menjadi satu. Contoh merger perusahaan di Indonesia adalah Gojek yang bergabung dengan Tokopedia menjadi GoTo. Contoh merger perusahaan yang lain adalah PT Bank BRISyariah, PT Bank BNI Syariah, dan PT bank Syariah Mandiri yang bergabung menjadi PT Bank Syariah Indonesia (BSI).

Baca juga: Cari Tahu Seluk-Beluk Akuisisi Perusahaan!

Ada beragam alasan perusahaan bergabung dengan perusahaan lain. Adapun alasannya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan nilai perusahaan

Perusahaan-perusahaan memilih bergabung untuk meningkatkan nilai perusahaan. Hal ini karena perusahaan-perusahaan yang bergabung akan menciptakan sinergi yang memunculkan efek positif. Bergabungnya dua perusahaan akan meningkatkan pendapatan dan meminimalkan biaya operasional.

2. Memperkuat ekonomi

Kekuatan ekonomi juga akan meningkat berkat bergabungnya dua perusahaan. Hal ini karena aset yang dimiliki perusahaan otomatis juga bertambah. Kemudian, pemasaran akan lebih luas. Begitu pula dengan jangkauan distribusi sehingga membawa keuntungan untuk kedua belah pihak.

3. Adanya diversifikasi dan akuisisi aset

Diversifikasi adalah adanya pembagian operasional bisnis dari sebuah perusahaan. Di samping itu, bergabungnya dua perusahaan atau lebih juga bisa disebabkan tujuan untuk mengakuisisi aset. Hal ini karena satu perusahaan sedang membutuhkan aset, sedangkan perusahaan satunya sedang diambang kritis.

4. Mempertimbangkan pajak

Tidak bisa dipungkiri, pajak menjadi salah satu permasalahan yang kerap menjerat perusahaan. Untuk mengatasi pajak yang membengkak, beberapa perusahaan memilih bergabung dengan perusahaan lain. Hal ini menjadikan pajak yang dibayarkan lebih rendah.

5. Mengeliminasi kompetitor

Kompetitor bisnis dapat juga dikurangi dengan merger. Hal ini terwujud jika perusahaan-perusahaan yang bergabung memiliki produk yang serupa atau paling tidak bergerak di bidang bisnis yang sama. Dengan bergabungnya dua perusahaan yang mirip pemasaran dan strategi akan lebih kuat.

Menilik Keuntungan dan Kerugian Merger Perusahaan

Merger perusahaan membawa keuntungan dan kerugian sekaligus. Keuntungan yang bisa didapatkan adalah pangsa pasar akan meningkat. Di samping itu, biaya operasional perusahaan akan menurun serta peluang investasi akan makin banyak bermunculan.

Sayangnya, merger juga dapat meningkatkan biaya hukum karena harus melakukan pelegalan. Dampak buruk lainnya adalah adanya perbedaan budaya yang memicu munculnya ketidakkompakan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bergabungnya dua perusahaan akan menyebabkan adanya pemberhentian tenaga kerja karena terlalu banyak sumber daya manusia.