5 Kesalahan Pemasaran Online yang Wajib Dihindari!

Facebook
Twitter
LinkedIn
pemasaran online

Di zaman serba teknologi seperti sekarang, pemasaran online adalah salah satu strategi yang banyak digunakan oleh pebisnis untuk mempromosikan usahanya. Strategi pemasaran online memanfaatkan internet untuk mengenalkan produk ke khalayak. Media pemasaran online yang sering digunakan adalah website dan media sosial. 

Jenis pemasaran online juga sangat beragam. Anda bisa membuat konten artikel yang memanfaatkan teknik copywriting sehingga lebih menarik perhatian masyarakat. Di samping itu, Anda bisa juga membuat konten infografis atau video singkat yang relevan dengan produk sekaligus kehidupan konsumen. Bahkan, perusahaan bisa menjalin kerja sama dengan influencer yang dianggap sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Iklan Advertorial: Ketahui Ciri, Jenis, dan Sifatnya

Kesalahan Pemasaran Online yang Wajib Dihindari

Pemasaran dengan memanfaatkan teknologi internet memang dirasa lebih efektif. Selain menghemat biaya, pemasaran strategi pemasaran produk ini juga mampu menjangkau konsumen dengan lebih luas. Hanya saja, terkadang pebisnis melakukan beberapa kesalahan dalam menjalani pemasaran ini. Agar Anda tidak melakukan hal yang sama, pastikan Anda tidak melakukan beberapa kesalahan berikut.

Sekadar membicarakan diri sendiri

Jika website Anda hanya berisi tentang perusahaan dan produk, bisa jadi pengunjung akan merasa bosan. Oleh karena itu, Anda harus membuat konten website yang kreatif dan inovatif. Konten yang menghibur atau menginspirasi juga bisa menjadi pilihan. Namun, paling penting adalah konten bisa memberikan penyelesaian atas permasalahan konsumen.

Target audiens tidak jelas

Sebelum melakukan pemasaran, sebaiknya Anda mengidentifikasi target pasar. Anda bisa melihat karakteristik konsumen yang kerap melakukan transaksi pembelian produk Anda. Komunitas yang terkait dengan bisnis Anda juga bisa menjadi sasaran bisnis yang tepat. Setelah itu, buatlah konten pemasaran yang sesuai dengan karakteristik audiens yang dijadikan target.

Gambaran strategi pemasaran belum jelas

Anda pun perlu memahami strategi pemasaran dengan jelas. Hal ini bisa Anda tempuh dengan memahami tahapan awareness, consideration, dan decision. Perusahaan harus mengetahui prospek produk yang mereka tawarkan. Kemudian, perusahaan harus mengetahui minat serta tindakan yang dilakukan konsumen sebelum melakukan pembelian.

Hosting dan domain kurang bagus

Jika website Anda jadikan sebagai tumpuan utama dalam melakukan pemasaran, pastikan untuk memilih hosting dan domain yang bagus. Perumpamaan hosting adalah rumah untuk meletakkan semua produk yang Anda jual. Sementara itu, domain adalah nama website. Anda bisa memilih top level domain agar terlihat lebih profesional.

Konten tidak dioptimasi dengan SEO

Membangun website dengan hosting dan domain yang bagus saja ternyata tidak cukup. Anda perlu juga membuat konten yang menarik yang kemudian dioptimasi menggunakan SEO. Optimasi SEO akan membantu website bertengger di halaman utama mesin pencarian sehingga website berpeluang untuk diklik dengan lebih banyak.

Perhatikanlah beberapa kesalahan umum tersebut dan jangan lakukan saat Anda mempromosikan bisnis!