Pembuatan Plakat Akrilik Berkualitas di Jogja

Facebook
Twitter
LinkedIn
Plakat Akrilik

Beginilah Cara Pembuatan Plakat Akrilik Berkualitas

Pembuatan plakat berbahan dasar akrilik umumnya melalui beberapa tahapan seperti penentuan desain, pemotongan akrilik dan pengecatan. Proses pembuatannya akan tergantung pada tingkat kesulitan bentuk dan desain yang diinginkan. Tahapan pengecatan yang meliputi menggambar, menulis dan mewarnai menjadi tahapan yang cukup banyak menyita waktu.

Plakat akrilik cip 2018 badak lng
Plakat akrilik cip 2018 badak lng

Mengenal bahan akrilik

Akrilik merupakan plastik cair yang bentuknya menyerupai kaca. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis benda seperti name tag, tempat brosur dan souvenir akrilik souvenir karena memiliki berbagai keunggulan. Jika dibandingkan dengan kaca, bahan akrilik tidak mudah pecah, memiliki bobot yang ringan, mudah dikikir, dipotong, dibor dan dihaluskan. Bahan akrilik dapat dibentuk secara thermal untuk menjadi berbagai bentuk benda yang rumit.

Sifat bahan akrilik yang tidak mudah pecah juga menjadikannya menjadi material paling cocok untuk digunakan pada bagian-bagian yang jika terjadi pecahan material dapat berakibat fatal seperti misalnya jendela kapal selam. Selain itu, akrilik juga tahan terhadap perubahan cuaca. Paparan sinar matahari tidak akan membuatnya menjadi berubah warna ataupun mengkerut. Hal inilah yang membuat semua produk berbahan dasar akrilik dapat digunakan di dalam dan luar ruangan.

Beberapa sifat yang dimiliki akrilik diantaranya adalah bening dan transparan, kuat, tahan lama, lentur, aman untuk makanan karena tidak bisa menjadi tempat berkembangnya mikroorganisme dan dapat dibuat dengan kategori yang sangat beraneka macam. Salah satu jenis benda yang dapat dibuat menggunakan bahan akrilik adalah plakat. pembuatan plakat akrilik prosesnya tidak terlalu rumit sehingga membuatnya menjadi bahan yang sangat digemari untuk membuat berbagai jenis plakat.

Pembuatan plakat akrilik

Plakat akrilik menjadi salah satu jenis plakat yang tidak asing lagi bagi banyak orang. harga plakat akrilik tergolong lebih terjangkau dibanding jenis plakat lainnya. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu jenis plakat yang paling banyak diminati. Kesannya yang modern dan elegan membuat plakat akrilik banyak digunakan pada momen-momen istimewa. Jika dulunya plakat hanya identik dengan trophy dan penghargaan, kehadiran plakat akrilik membuat plakat merambah segmen yang lebih luas yaitu sebagai hadiah dan souvenir.

Cara membuat plakat akrilik terdiri dari dua proses utama yaitu tahap pemotongan badan dan kaki plakat serta tahapan menggambar, menulis dan mewarnai. Pada tahap pemotongan, bentuk dasar plakat dibuat. Dalam tahap ini lembaran akrilik dibentuk dengan berdasarkan pada desain plakat yang sudah dibuat. Pemotongan akrilik dapat dilakukan dengan cara menggunakan cutter/gergaji dan dapat secara otomatis dengan menggunakan mesin laser. Pemotongan manual menggunakan gergaji/cutter disarankan untuk bentuk plakat sederhana seperti lurus dan lengkungan sederhana. Desain yang digunakan juga harus memiliki radius potong yang besar. Dibutuhkan keahlian khusus pengrajin plakat untuk melakukan pemotongan secara manual. Selain itu untuk menjamin keseragaman hasil potongan, diperlukan adanya proses finishing yang detail dan teliti.

Teknik pemotongan menggunakan laser memiliki keunggulan tersendiri dari sisi kecepatan, keseragaman bentuk dan ukuran. Kemampuan memotongnya dapat menjangkau bentuk yang sangat detail dan rumit. Hanya dengan sekali proses setting desain ke software pemotong laser, pemotongan dapat dilakukan secara berulang-ulang.

Setelah bahan dipotong, proses buat plakat yang selanjutnya adalah menggambar, menulis dan mewarnai. Gambar dan tulisan pada plakat akrilik dapat dibuat dengan 2 dimensi dan 3 dimensi. Teknik ini juga biasa digunakan untuk membuat plakat akrilik led.

Plakat akrilik adani friendly match
Plakat adani friendly match

Gambar maupun tulisan 2 dimensi dapat dibuat menggunakan teknik printing maupun sablon. Kelebihan gambar dan tulisan 2 dimensi ialah hasil warnanya yang dapat dibuat gradasi. Untuk gambar maupun tulisan 3 dimensi, digunakan alat khusus bernama mesin grafi. Proses ini hampir sama dengan proses pemotongan akrilik menggunakan mesin laser.

Setelah kedua tahapan tersebut selesai, masih ada tahapan terakhir yang harus dikerjakan yaitu finishing. Sebagai sentuhan terakhir, dilakukan proses pemolesan dan penghalusan. Proses ini dilakukan untuk menghaluskan hasil potongan manual maupun otomatis yang kurang halus. Tahapan finishing dilakukan secara manual tanpa menggunakan bantuan mesin.

Setelah mengetahui sekilas mengenai proses pembuatan plakat akrilik, Anda tentu akan lebih mudah memutuskan akan pesan plakat akrilik atau plakat jenis lainnya. Setelah memutuskan akan membuat plakat akrilik, maka hal selanjutnya yang harus dimiliki adalah desain. Tidak perlu terlalu kerepotan untuk mengetahui cara desain plakat, karena proses desain dapat dibantu oleh tim desain yang sudah berpengalaman.

1Souvenir melayani pembuatan plakat akrilik Jogja. Namun, dapat melakukan pengiriman ke berbagai daerah. Plakat akrilik custom Jogja memiliki desain yang berbeda dari souvenir lainnya. Karena itulah, plakat ini cocok menjadi pilihan souvenir. Bahan utama dalam pembuatan miniatur jembatan tahap finishing adalah bahan yang berkualitas sehingga hasilnya bisa maksimal. Cara membuat akrilik tidak bisa sembarangan karena membutuhkan teknik dan keterampilan tertentu.

Satu souvenir telah berpengalaman untuk membuat berbagai jenis plakat termasuk plakat berbahan dasar akrilik. Didukung peralatan yang lengkap, proses pengerjaan dapat selesai dalam waktu cepat dengan berbagai pilihan produk yang sangat beragam. Tidak hanya plakat akrilik, plakat jenis lainnya seperti plakat logam, plakat kayu, plakat resin dan plakat fiber juga diproduksi. Produk-produk yang sudah dihasilkan diantaranya adalah souvenir miniatur, trophy, plakat, medali, pin, gift box dan berbagai produk kerajinan akrilik lainnya. Hubungi Customer Service 1Souvenir yang tersedia untuk pesan Pembuatan plakat akrilik.