Pengembangan SDM dengan Pelatihan untuk Memajukan Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
pengembangan sdm

Pengembangan SDM adalah upaya yang dilakukan untuk membentuk personal yang berkualitas. Metode pengembangan SDM dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan. Manfaat pengembangan SDM yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut.

Meningkatkan produktivitas kerja – SDM yang telah mengikuti pelatihan tentu memiliki keterampilan yang lebih baik. Hal ini akan berdampak pada produktivitas kerja. Produk yang dihasilkan akan lebih berkualitas sehingga pelanggan pun akan merasa puas.

Membuat kinerja lebih efisien – Pelatihan yang diikuti SDM akan berdampak baik pada level keterampilannya. Alhasil, tenaga dan waktu yang dibutuhkan oleh SDM dalam proses produksi akan lebih efisien. Perusahaan pun siap menghadapi persaingan yang ada.

Menghindari kerusakan dan kecelakaan kerja – Keahlian SDM yang makin mumpuni tentu akan meminimalkan terjadinya kerusakan produk. Selain itu, SDM yang sudah terampil juga dapat mencegah terjadinya kecelakaan selama kerja.

Bentuk Pelatihan dan Pengembangan SDM

Memberikan pelatihan menjadi strategi pengembangan SDM yang patut untuk dicoba. Ada berbagai contoh pengembangan SDM yang bisa diterapkan. Perhatikanlah contohnya berikut ini.

  • Skill Training: Pelatihan keterampilan sering dilakukan oleh mayoritas perusahaan. Hal ini karena akan berdampak langsung pada kualitas kinerja sumber daya manusia.
  • Retraining: Perusahaan perlu mengadakan pelatihan ulang untuk meningkatkan kepercayaan diri. Dengan begitu, SDM akan mahir dalam melaksanakan semua tugas yang diberikan.
  • Cross Functional Training: Pelatihan yang demikian bertujuan untuk mengenalkan tugas antardivisi. Setiap SDM akan dilatih tugas yang dilakukan oleh karyawan dengan tugas berbeda. 
  • Team Training: Sebagian pekerjaan akan dilakukan dalam tim. Sayangnya, tidak semua orang bisa bekerja sama dalam tim dengan baik. Untuk itulah, perusahaan perlu mengadakan team training.
  • Language Training: Perusahaan pasti berkeinginan untuk melebarkan bisnis ke kancah internasional. Oleh karena itu, perusahaan bisa membekali karyawan dengan pelatihan bahasa asing.
  • Technology Training: Perkembangan teknologi terjadi dengan begitu pesatnya. Jika tidak ada pelatihan terkait teknologi terbaru bisa jadi perusahaan akan kalah bersaing dengan kompetitor.
  • Creativity Training: Setiap karyawan tentu memiliki gagasan tersendiri. Hanya saja gagasan tersebut belum terarah. Untuk itu, perusahaan bisa mengakomodasi dengan pelatihan kreativitas.

Dengan bekal pelatihan yang sudah diberikan perusahaan, tentu sumber daya manusia akan memiliki kualitas yang lebih baik. Selain berguna secara personal, pelatihan yang diberikan tersebut juga akan berdampak pada perusahaan. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan pelatihan untuk karyawan.

Baca Juga: 5 Tahapan Evaluasi Bisnis yang Penting untuk Dilalui