Landing Page: Ketahui Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Landing Page

Apa itu landing page atau halaman arahan? Istilah tersebut tentu tidak begitu asing bagi perusahaan. Landing page adalah bentuk pemasaran digital yang berupa iklan atau kampanye pemasaran. Jenis halaman ini terpisah dan berbeda dengan website utama perusahaan atau homepage. Halaman jenis ini biasanya hanya singkat dan padat.

Pada jenis halaman ini hanya memiliki tujuan berupa mengumpulkan informasi untuk berkampanye produk. Kemudian, halaman ini juga hanya memiliki tautan yang terbatas yang biasanya berupa call to action. Pengunjung akan diarahkan untuk menjadi pengguna barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan.

Cara membuat landing page diawali dengan menentukan target konsumen dan tujuan. Dari dua hal tersebut dapat dibuat isinya yang memanfaatkan teknik penulisan copywriting. Agar lebih menarik, halaman tersebut dapat ditambahkan konten visual, seperti gambar atau video. Sentuhan terakhir adalah membuat tombol call to action.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Telemarketing: Manfaat dan Strateginya

Jenis-Jenis Landing Page

Landing page memang begitu penting. Pasalnya, halaman tersebut dapat membidik pelanggan sesuai sasaran. Hal ini karena jenis halaman tersebut akan memaksa calon pelanggan untuk memberikan informasi. Dengan fungsinya yang sangat besar, perusahaan perlu mempertimbangkannya. Namun, sebelumnya perlu untuk mengetahui jenis-jenisnya sebagai berikut.

1. Click Through

Jenis halaman ini berfokus pada call to action. Dengan kata lain, jenis halaman ini mengajak pengunjungnya untuk menjadi pelanggan karena tersedia tombol untuk melakukan tindakan langsung. Oleh karena itu, tipe halaman ini berupa klik dan tayang. Biasanya, pada halaman jenis ini terdapat tulisan unduh sekarang, hubungi kami, dan masih banyak lagi.

2. Lead Generation

Berbeda dengan sebelumnya, halaman jenis ini cenderung lebih lambat karena sekadar menghimpun prospek atau calon pelanggan. Halaman ini berfokus pada pengumpulan data prospek atau informasi tentang calon pelanggan. Informasi dari calon pelanggan dapat diperoleh dengan pengisian kuesioner.

Cara kerja halaman arahan adalah seseorang yang melihat ajakan kemudian tertarik dan mengisi formulir yang disediakan. Dari data tersebut, perusahaan akan lebih mudah untuk melakukan kampanye terkait produk atau jasa yang hendak ditawarkan.

Agar lebih mudah untuk membuatnya, Anda bisa melihat contoh landing page yang sudah jadi. Anda bisa mengembangkannya sesuai dengan karakteristik perusahaan.