Peningkatan Cyber Public Relations bagi Perusahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
peningkatan cyber public relations

Di tengah kemajuan teknologi, public relations pun turut memanfaatkannya. Terlebih lagi, saat masa pandemi Covid-19 masih berlangsung, public relations benar-benar bergantung pada kemajuan teknologi. Oleh karena itu, perlu peningkatan cyber public relations. Lantas apa yang dimaksud dengan cyber public relations?

Cyber public relations adalah membangun komunikasi yang baik dengan publik dengan memanfaatkan teknologi digital. Cyber public relations menjadi hal penting bagi suatu lembaga, baik milik swasta maupun pemerintah. Dengan adanya public relations, hubungan dengan publik akan terjalin dengan lebih baik.

Upaya Peningkatan Cyber Public Relations

Suatu lembaga pemerintahan atau perusahaan perlu mengupayakan peningkatan cyber public relations. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui teori cyber public relations. Teori cyber public relations dapat berkaitan dengan berbagai hal, seperti halnya yang disampaikan oleh Bob Julius Onggo dalam bukunya yang berjudul Cyber Public Relations. Menurut Onggo, aktivitas cyber PR (public relations) dapat menghasilkan 3R bagi suatu organisasi atau perusahaan. Adapun 3R tersebut adalah sebagai berikut.

BACA JUGA: JENIS LAPORAN PERSEDIAAN BARANG YANG HARUS DIKETAHUI

  • Relations: Adanya peningkatan cyber public relations dapat meningkatkan juga interaksi dengan masyarakat. Interaksi tersebut bertujuan untuk membangun hubungan sekaligus citra perusahaan atau organisasi.
  • Reputasi: Reputasi merupakan aset berharga bagi sebuah perusahaan atau organisasi. Untuk membangun reputasi yang  baik di hadapan masyarakat, cyber public relations sangat berperan.
  • Relevansi: Semua aktivitas cyber PR (public relations) haruslah relevan dengan targetnya. Dengan begitu, hasilnya akan lebih tepat sasaran sehingga tujuan kegiatan bisa tercapai.

Sementara itu, Shel Holtz dalam bukunya yang berjudul Public Relations on the Net membahas teori cyber public relations tentang karakteristiknya. Menurut Holtz, terdapat empat karakteristik cyber public relations. Adapun karakter dari cyber public relations adalah sebagai berikut.

  • StrategicAktivitas cyber PR harus mempunyai strategi agar berfokus pada hal yang berkaitan dengan hasil dan tujuan organisasi atau perusahaan.
  • Integrated – Segala aktivitas cyber PR harus terintegrasi dengan internet serta penggunanya agar lebih lebih tepat sasaran dan dapat tersebar luas.
  • TargetedAktivitas cyber PR memanfaatkan jaringan internet sehingga targetnya lebih luas. Hal ini menjadikan internet lebih unggul daripada media lainnya.
  • Measurable – Mengukur aktivitas cyber PR juga menjadi hal penting. Pengukurannya dapat menggunakan indikator penilaian tertentu, seperti tanggapan atau dampak dari kegiatan cyber PR tersebut.

Bentuk Kegiatan Cyber Public Relations

Sesuai dengan namanya, kegiatan peningkatan cyber public relations berkaitan dengan internet. Media yang bisa menjadi sarana untuk aktivitas cyber PR sangatlah beragam, seperti platform media sosial hingga website. Sebuah lembaga dapat membangun website untuk berkomunikasi dengan publik. Dalam website tersebut dapat berisi berbagai macam informasi terkait perusahaan.

Perusahaan juga dapat memanfaatkan berbagai media sosial yang ada, seperti TikTok, Instagram, dan Youtube. Melalui berbagai media sosial tersebut, perusahaan dapat berinteraksi aktif dengan publik dengan berbagai macam konten menarik, baik berupa gambar, infografik, atau video singkat.

Aktivitas cyber PR dapat juga berupa webinar. Webinar dapat membahas topik yang kekinian yang tentunya berkaitan dengan perusahaan. Untuk menarik perhatian publik, webinar dapat mengundang tokoh yang populer. Selain itu, dalam webinar juga terdapat doorprize atau sertifikat gratis. 

Karena begitu mudahnya, sudah seharusnya sebuah perusahaan melakukan upaya peningkatan cyber public relations. Selain itu, cyber public relations juga memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Perusahaan akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini tentu akan membawa dampak positif bagi perusahaan, terutama dari segi pendapat

BACA JUGA: STRATEGI PENGELOLAAN BARANG PERUSAHAAN YANG EFEKTIF