Pentingnya Customer Relation, Ketahui Fungsi dan Manfaatnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pentingnya Customer Relation, Ketahui Fungsi dan Manfaatnya

Apa itu customer relation atau hubungan pelanggan? Customer relation adalah cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. Tujuannya adalah memberikan pengalaman yang baik untuk pelanggan. Hal ini sebagai upaya untuk menciptakan loyalitas pelanggan.

Istilah ini sering disandingkan dengan istilah customer service. Lantas apa perbedaan keduanya. Seperti penjelasan sebelumnya, hubungan pelanggan bertujuan untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Sementara itu, customer service  sekadar memastikan customer success.

Dengan kata lain, hubungan pelanggan telah mencakupi seluruh fungsi dari customer service. Pasalnya, hubungan pelanggan dilakukan saat sebelum dan sesudah pelanggan melakukan transaksi.

Memahami Fungsi Customer Relation

Hubungan pelanggan tentu mendatangkan manfaat bagi perusahaan. Hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan dapat meningkatkan retensi pelanggan terhadap perusahaan. Dengan kata lain, pelanggan akan loyal untuk menggunakan produk dari perusahaan. Di samping itu, hubungan yang baik dengan pelanggan akan membuat pelanggan kembali lagi mencari produk dari perusahaan. Hal ini tentu bukan hal yang mudah didapatkan oleh suatu perusahaan.

Tidak sekadar memiliki manfaat, customer relation juga memiliki fungsi bagi perusahaan. Terdapat dua fungsi utama, yaitu fungsi reaktif dan proaktif. Fungsi reaktif berkaitan dengan penyelesaian terhadap kendala tak terduga yang berhubungan dengan pelanggan. Sementara itu, fungsi proaktif berhubungan dengan kepuasan pelanggan yang dipenuhi dengan produk yang sesuai kebutuhan. Di samping itu, ada fungsi lain yang bisa dirasakan jika hubungan pelanggan dikelola dengan baik.

Baca juga: Apa Itu Marketing Channel, Ketahui Jenis-Jenisnya, Yuk!

Melacak calon pembeli

Jika memiliki manajemen hubungan pelanggan yang baik, perusahaan bisa melacak calon pembeli produk. Hal ini dapat dilihat dari riwayat percakapan yang dilakukan dengan calon konsumen. Hal ini bisa mudah dilakukan jika komunikasi dengan pelanggan dilakukan dengan aplikasi perpesanan tertentu. Selain itu, pelacakan ini dapat juga lebih akurat dengan adanya customer journey.

Mengelola hubungan dengan pelanggan

Penggunaan aplikasi manajemen hubungan pelanggan akan memudahkan dalam pengelolaan hubungan dengan pelanggan. Anda bisa mengetahui produk apa yang dibeli dan kapan produk tersebut dibeli, serta untuk keperluan apa. Data-data tersebut dapat digunakan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dengan memberikan penawaran produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Meningkatkan penjualan produk

Data yang didapat dari aplikasi manajemen hubungan pelanggan dapat juga dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk. Pasalnya, melalui data tersebut, perusahaan akan lebih memahami apa yang dibutuhkan sehingga bisa menawarkan produk yang tepat. Alhasil, transaksi penjualan pun kemungkinan besar akan terjadi.

Meningkatkan dukungan dari konsumen

Tidak sekadar berkaitan dengan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, data yang dikumpulkan dari aplikasi customer relation management atau CRM juga bisa menjadi patokan untuk memberikan pelayanan terbaik. Dengan kata lain, aplikasi tersebut membantu untuk memberikan kepuasan maksimal bagi konsumen.

Mengotomatisasi bisnis

CRM dapat juga dimanfaatkan untuk otomatisasi tugas repetitif sehingga perusahaan dapat berfokus pada penjualan produk. Selain lebih efektif, tentu adanya CRM akan menjadikan pendapatan perusahaan dapat lebih meningkat.

Jadi siapkan saja manajemen hubungan pelanggan karena memiliki banyak manfaat dan fungsi positif bagi perusahaan.