7 Penyebab Kegagalan Bisnis yang Semestinya Diketahui

Facebook
Twitter
LinkedIn
Penyebab Kegagalan Bisnis

Penyebab kegagalan bisnis harus diketahui dengan baik oleh para pelaku bisnis sebagai bentuk tindakan antisipasi. Pasalnya, kegagalan usaha akan membawa kerugian, baik bagi pelaku usaha maupun pihak-pihak yang terkait.  Salah satu contoh usaha yang gagal adalah Nokia yang terjadi karena tidak mau mengikuti perkembangan zaman.

Dampak kegagalan bisnis tentu mendatangkan kerugian. Jika suatu bisnis sudah mengandalkan banyak sumber daya manusia, tidak menutup kemungkinan akan terjadi pemutusan hubungan kerja. Hal ini tentu akan menambah angka pengangguran. Dengan demikian, memang penting untuk memperhatikan faktor penyebab kegagalan bisnis.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Atasi Krisis Perusahaan yang Melanda

Penyebab Kegagalan Bisnis yang Perlu Diketahui

Penyebab kegagalan bisnis adalah hal-hal yang menghalangi suatu bisnis untuk tumbuh dan berkembang. Hal itu harus dipahami dengan benar oleh perusahaan agar dapat menyiapkan strategi yang sesuai. Adapun penyebab kegagalan bisnis, antara lain, adalah sebagai berikut:

1. Rencana Tidak Jelas

Sebelum membangun suatu bisnis, tentu Anda harus membuat perencanaan yang jelas. Jika perencanaan tidak dipersiapkan dengan matang akan memicu kegagalan. Pasalnya, bisnis akan lebih mudah dijalankan jika sudah ada rencana yang matang.

2. Visi dan misi belum jelas

Beberapa perusahaan menganggap visi dan misi bukanlah hal yang fundamental. Padahal, visi dan misi membantu perusahaan untuk menentukan strategi yang tepat dalam berbisnis. Visi merupakan tujuan, sedangkan misi adalah cara untuk mencapai visi.

3. Kemampuan manajemen kurang

Manajemen menjadi kemampuan penting dalam berbisnis. Kemampuan ini berkaitan dengan pengelolaan dan pengorganisasian bisnis. Di samping itu, kemampuan manajemen bisnis juga berhubungan dengan pengelolaan waktu, keuangan, hingga sumber daya.

4. Skill terbatas

Ada baiknya Anda memang membangun bisnis sesuai dengan kemampuan atau keterampilan yang dimiliki. Dengan begitu, Anda benar-benar bisa mengatur bisnis. Namun, Anda dapat juga bekerja sama dengan tenaga profesional untuk mengembangkan bisnis.

5. Keuangan kacau

Tidak bisa dipungkiri keuangan adalah hal penting dalam bisnis. Pastikan Anda memiliki modal yang cukup dalam berbisnis. Selain itu, arus keuangan yang masuk dan keluar dari perusahaan harus benar-benar diketahui dengan jelas dalam bentuk laporan.

6. Lokasi tidak strategis

Lokasi usaha juga mendukung keberlanjutan sebuah usaha. Pilihlah lokasi bisnis yang strategis untuk mendukung kemajuan bisnis. Akan lebih baik lagi jika lokasi usaha berada di lingkungan kalangan yang menjadi target pasar.

7. Networking salah

Setiap perusahaan memang sebaiknya membangun networking atau relasi dengan banyak pihak. Namun, jangan salah dalam memilih jaringan karena akan berdampak pada gagalnya usaha. Untuk itu, pilihlah relasi yang memiliki visi dan misi yang sejalan.

Dengan mengetahui beberapa penyebab gagalnya sebuah bisnis, harapannya Anda bisa berancang-ancang untuk mengantisipasinya. Jika memang sudah terjadi, Anda bisa menyiapkan solusi yang tepat.