Pebisnis Harus Tahu! 7 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pebisnis Harus Tahu! 7 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha

Anda tentu tidak ingin mengalami kegagalan usaha dalam berbisnis, bukan? Maka dari itu, bisnis Anda harus dipersiapkan dengan baik. Persiapan yang matang menjadi kunci sukses dalam berbisnis. Selain itu, Anda perlu memahami dengan baik faktor kegagalan usaha. Salah satu faktor kegagalan usaha adalah tidak adanya manajemen yang baik.

Memang, pada umumnya kegagalan usaha lebih banyak disebabkan oleh tidak adanya manajemen yang baik. Hal ini akan membuat berbagai aktivitas di perusahaan menjadi berantakan. Karena itulah, penting untuk mempelajari manajemen perusahaan.

Baca juga: Cara Promosi di Instagram, Media Sosial yang Populer

Inilah Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Usaha

Dari penjelasan di atas diketahui bahwa manajemen menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis. Namun, Anda perlu juga memperhatikan faktor lain yang dapat menyebabkan bisnis yang Anda bangun terhambat bahkan gagal. Simaklah penjelasannya berikut!

1. Visi misi tidak jelas

Visi dan misi menjadi hal yang fundamental bagi sebuah perusahaan. Maka dari itu, perusahaan harus memiliki visi dan misi yang jelas. Jika tidak demikian, dapat dipastikan bahwa perusahaan tidak memiliki tujuan sehingga tidak terarah setiap aktivitas yang dilakukannya.

2. Modal usaha minim

Tidak dapat dipungkiri bahwa modal menjadi hal utama dalam berbisnis. Memang tidak harus banyak, tetapi lebih baik jika modal benar-benar diperhitungkan. Anda bisa membuat rencana anggaran sehingga bisa mempersiapkan modal yang cukup bila mungkin berlebih.

3. Strategi pemasaran salah

Apabila strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat, bukan tidak mungkin produk tidak laris di pasaran bahkan mungkin juga tidak laku. Oleh karena itu, Anda bisa memperhitungkannya. Anda bisa mengandalkan berbagai platform digital untuk mendukung pemasaran.

4. Tidak berinovasi

Saat Anda mulai berbisnis, Anda tentu sudah tahu bahwa ada banyak pesaing. Setiap kompetitor memiliki produk dengan keunggulan masing-masing sehingga bisa terus bertahan. Anda diharuskan melakukan inovasi agar bisa ikut dalam persaingan sehat tersebut.

5. Pelayanan buruk

Pelanggan adalah relasi yang penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, sudah sepantasnya, pelayanan terhadap pelanggan dilakukan dengan baik. Jika pelanggan mendapat perlakuan tidak baik, mereka akan kapok sehingga memilih meninggalkan produk yang Anda tawarkan.

6. Kinerja tim tidak maksimal

Sebuah usaha dapat berdiri, terus tumbuh dan berkembang karena adanya peranan dari sebuah tim yang saling menopang. Jika kinerja tim tidak maksimal, tentu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan. Karena itulah, setiap tim haruslah memenuhi tanggung jawabnya.

7. Manajemen keuangan buruk

Salah satu jenis manajemen yang penting dalam bisnis adalah manajemen keuangan. Adanya manajemen keuangan akan menjadikan arus dana perusahaan lebih teratur, dana masuk dan keluar menjadi lebih jelas. Kas perusahaan pun akan lebih terkendali.

Itulah beberapa penyebab kegagalan bisnis yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahuinya setidaknya Anda bisa melakukan tindakan preventif supaya tidak terjadi kegagalan pada bisnis yang Anda bangun.