Contoh Piala Penghargaan dan Piala Bergilir untuk Olahraga

Facebook
Twitter
LinkedIn

Contoh Piala Penghargaan dan Piala Bergilir untuk Olahraga

Ketika mengadakan lomba olahraga, panitia membutuhkan contoh piala penghargaan. Lomba olahraga memang selalu mengundang minat masyarakat. Selain sebagai ajang pembuktian diri, perlombaan ini juga berfungsi untuk menyaring bakat bakat atlet. Atlet yang tembus hingga level internasional dapat mengharumkan bangsa Indonesia. Lomba dengan bergiliran menempel tongkat yang disebut lari maraton. Dalam lari maraton hadiahnya berupa piala penghargaan. Bergiliran menempel tongkat yang disebut lari estafet menjadi salah satu cabang olahraga yang memberikan piala penghargaan di setiap turnamennya.

Piala penghargaan juara lomba pembawa acara
Piala penghargaan juara lomba pembawa acara

Dalam setiap perlombaan, juaranya pasti mendapatkan piala penghargaan. Pihak panitia harus mendatangkan piala yang berkualitas dari pusat pembuatan piala seperti sentra Bikin Piala Jogja di 1souvenir. Untuk mendatangkan piala, seringkali panitia dibuat kebingungan. Panitia harus memikirkan mulai dari jenis piala, toko pembuat piala, dan harga yang harus dikeluarkan.

Piala Tetap dan Piala Bergilir

Secara umum, piala yang diberikan pada lomba adalah piala bergilir dan piala tetap. Piala bergilir biasanya dihadiahkan untuk perlombaan tahunan. Setelah piala tersebut dimenangkan, piala bergilir boleh dibawa pemenang. Namun, piala tersebut hanya boleh dibawa dalam waktu tertentu. Piala tersebut akan dihadiahkan lagi pada lomba berikutnya. Sedangkan piala tetap, pemenang akan mendapatkan piala secara permanen. Singkatnya, kepemilikan piala tetap adalah milik pemenang. Sedangkan piala bergilir adalah milik penyelenggara. Contoh Piala bergilir adalah piala yang digunakan sebagai perlombaan tingkat provinsi. Piala tersebut seringkali disebut piala bergilir gubernur.

Jenis Piala

Selain berdasarkan kepemilikan, jenis piala juga dibagi berdasarkan bahan dan bentuk piala. Di pasaran, secara umum terdapat empat jenis bahan piala. Contoh piala lomba yang paling umum adalah piala plastik. Namun, sekarang ini piala plastik mulai tergeser dengan piala akrilik. Kemudian ada juga piala logam. Biasanya piala logam hanya dihadiahkan untuk event yang memiliki pembiayaan besar, karena piala logam tergolong mahal. Tak ketinggalan, terdapat juga piala kayu. Piala kayu biasanya memiliki tekstur dan warna yang khas. Namun, harganya cenderung mahal karena proses pengolahan kayu yang sulit.

Piala Plastik

Secara umum, piala yang beredar di pasaran adalah piala plastik. Piala plastik sering digunakan karena berbagai sebab. Piala berbahan plastik dijual sudah dalam bentuk jadi, sehingga untuk dihadiahkan, piala hanya perlu di tambah plat pada bagian bawah dan pada bagian atas. Untuk mempersiapkanya, tentu lebih mudah dan cepat, karena tidak perlu melalui proses yang lama seperti pembuatan piala akrilik. Selain itu, harga dari piala plastik juga cenderung murah. Oleh karena itu, Piala plastik sering digunakan oleh pengrajin piala. Pusat bikin piala pasti menyediakan piala plastik karena berbagai kelebihannya.

Piala plastik juga memiliki kekurangan. Piala plastik terkesan kurang mewah jika dibandingkan dengan piala akrilik maupun logam. Selain itu, piala plastik juga memiliki bentuk dan warna yang begitu-begitu saja. Seiring waktu, plat tempelan pada piala plastik juga seringkali lepas. Meski begitu, piala plastik masih diminati berbagai instansi dan panitia lomba.

Contoh piala plastik biasanya berbentuk seperti cangkir besar. Kemudian, terdapat ornament burung diatasnya terdapat lingkaran sebagai tempat logo instansi ditempel. Pada bagian bawah piala terdapat batu marmer. Tidak ketinggalan, terdapat alas yang berfungsi untuk menempel nama pemenang.

Piala Akrilik

Piala akrilik memang sedang naik daun. Sekilas, akrilik yang tembus pandang terlihat seperti Kristal kaca. Karena itu, akrilik terkesan lebih mewah. Bentuk yang ditawarkan pun juga lebih bervariasi. Bahkan, pembeli bisa request atau custom bentuk piala sesuai dengan keinginan. Sebagai contoh piala futsal biasanya menggunakan ornamen bola atau sepatu futsal.

Plakat akrilik top soccer
Plakat top soccer

Tentunya, semakin tumit bentuknya, semakin mahal pula harganya. Akrilik juga bisa diberikan grafir. Ukiran atau grafir pada piala akrilik menambah kesan mewah dan spesial pada piala tersebut. Selain itu, plat atau identitas piala pada piala akrilik biasanya ditanam di tengah tengah akrilik, sehingga tidak mudah lepas seperti pada piala plastik. Karena alasan tersebut, piala akrilik menjadi primadona sebagai contoh piala penghargaan.

Piala Kayu

Pak124 plakat kayu penghargaan top scorer futsal pama
Plakat kayu penghargaan top scorer futsal pama

Piala kayu adalah contoh piala penghargaan yang unik. Piala Kayu tergolong jarang di pasaran. Karena itu, piala kayu menjadi unik. Keunikan lain dari piala kayu adalah tekstur dan pola kayu. Piala kayu biasanya memiliki serat kayu yang khas. Serat bentukan alam ini terlihat jelas pada kayu kayu tertentu seperti Sonokeling. Gradasi dari warna coklat pada kayu juga tergolong mewah. Bentuk dari piala kayu juga tergolong bervariasi. Contoh piala kayu yang beredar di pasaran biasanya tidak jauh berbeda dari piala plastik. seperti piala plastik, piala kayu biasanya memiliki bagian bawah yang bisa ditempel dengan plat nama pemenang dan bagian atas yang bisa ditempel logo institusi.

Piala kayu bisa mencapai harga yang lumayan tinggi. Apalagi jika dibuat dari kayu eksotis. Pada jaman dahulu, piala kayu dibuat menggunakan pahat, proses ini tentu memakan biaya dan waktu yang lama. Sekarang, piala kayu bisa dibentuk dengan menggunakan alat modern, seperti mesin bubut. Bahkan, piala kayu juga dapat dibentuk dengan menggunakan mesin CNC atau Computer Numerical Control. Mesin ini dapat memotong kayu secara otomatis sesuai dengan bentuk yang diinputkan. Namun, untuk proses menghaluskan dengan amplas biasanya tetap dilakukan secara manual. Tidak ketinggalan, pernis ditambahkan supaya warna kayu menjadi glossy. Pernis juga membuat kayu lebih awet dan terhindar dari rayap. Piala kayu adalah contoh piala penghargaan yang cocok dipajang di ruang keluarga.

Dapatkan souvenir berkualitas dan elegan untuk keperluan dan kebutuhan perusahaan Anda, hanya di 1souvenir.id pusat pembuatan souvenir promosi  BERGARANSI dengan harga kompetitif dan mengedepankan kualitas produk. Segera hubungi kontak 1Souvenir.Id yang tertera di website ini untuk info pembuatan dan pemesanan souvenir eksklusif. Untuk anda yang ingin membeli souvenir produk ini bisa anda hubungi kami langsung caranya bisa klik langsung disini