Medali Juara: Kenali Sejarah dan Bahan Pembuatnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Medali Juara

Mengenali Seluk Beluk Medali Juara – Berdasarkan sejarahnya, medali awalnya memang menjadi bentuk penghargaan. Hal tersebut masih berlaku hingga saat ini. Tidak hanya itu, pada masa sekarang medali juga menjadi hadiah dalam sebuah kejuaraan. Umumnya, medali menjadi hadiah kemenangan dalam kejuaraan olahraga. Kita sering melihat pemberian hadiah dalam olimpiade olahraga hingga berbagai jenis kejuaraan sepak bola.

Medali juara

Sebenarnya, medali tidak hanya untuk kejuaraan olahraga. Berbagai jenis kejuaraan lainnya juga kerap menjadi medali juara sebagai hadiah. Misalnya saja, medali dalam olimpiade sains. Para juara olimpiade tersebut akan menerima medali sebagai lambang kemenangan dan bentuk penghargaan.

Meskipun digunakan pada event yang berbeda, medali juara biasanya terdiri dari tiga macam. Ada medali emas untuk juara pertama. Ada medali perak untuk juara kedua. Terakhir, ada medali perunggu untuk juara ketiga. Selain jenisnya yang sama, umumnya bentuk medali untuk berbagai macam kejuaraan juga sama. Bentuk medali biasanya lingkaran, hanya saja desain gambar dan tulisannya yang berbeda.

Mengenal Bahan Pembuat Medali Juara

Dalam penjelasan sebelumnya disebutkan bahwa ada tiga jenis medali, yaitu medali emas, medali perak, dan medali perunggu. Ketiga jenis medali tersebut mengacu pada bahan pembuatnya. Medali emas berarti terbuat dari logam mulia emas, medali perak terbuat dari logam perak, dan medali perunggu terbuat dari logam perunggu.

Namun, saat ini tidak banyak medali yang benar-benar terbuat dari ketiga jenis logam tersebut. Umumnya, medali juara terbuat dari logam kuningan. Setelah medali jadi, medali akan disepuh dengan emas, perak, atau perunggu.

Medali juara

Bahan yang digunakan untuk membuat medali berkembang sesuai dengan kebutuhan. Selain logam, ada juga medali yang terbuat dari bahan akrilik, resin, bahkan plastik. Medali yang terbuat dari ketiga jenis bahan tersebut memiliki bobot yang lebih ringan. Umumnya, medali akrilik, resin, atau plastik menjadi medali wisuda, khususnya untuk jenjang pendidikan anak usia dini, taman kanak-kanak, dan sekolah dasar.

Kebutuhan medali untuk perlombaan atau wisuda dapat Anda peroleh di 1Souvenir. Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam souvenir menarik lainnya, dari mulai gantungan kunci hingga souvenir miniatur yang elegan. Yang terpenting, Anda bisa memesan souvenir dengan desain sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau melakukan pemesanan langsung, Anda bisa menghubungi customer service