Punya Bisnis? Kenali Pentingnya Segmentasi Pelanggan!

Facebook
Twitter
LinkedIn
segmentasi pelanggan

Apa itu segmentasi pelanggan? Bila belum mengetahuinya, Anda perlu mencari tahu lebih lanjut. Segmentasi pelanggan adalah pembagian konsumen atau pelanggan berdasarkan kelompok tertentu sesuai dengan karakteristik tertentu. Karakteristik tertentu dapat berupa usia, jenis kelamin, frekuensi pembelian, hingga loyalitas.

Target segmentasi pelanggan memiliki beberapa tujuan. Salah satunya adalah mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Pasalnya, adanya segmentasi tersebut, perusahaan dapat mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan lebih detail. Hal ini menjadikan perusahaan lebih mampu memahami pelanggan. Pada akhirnya, segmentasi akan meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Baca Juga: Marketing Automation: Solusi Mudah untuk Pasarkan Bisnis

Kenali Jenis dan Fungsi Segmentasi Pelanggan

Segmentasi konsumen dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Adapun jenis segmentasi konsumen yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut.

    • Segmentasi demografis: Segmentasi demografis didasarkan pada jumlah, susunan, dan perkembangan penduduk. Pembagian konsumen dapat didasarkan pada usia, jenis kelamin, pendapatan, lokasi, tingkat pendidikan, atau pekerjaan. 
    • Segmentasi gaya hidup: Jenis segmentasi ini didasarkan pada aktivitas, opini, dan minat pelanggan. Dengan kata lain, segmentasi ini mengacu pada pemikiran dan kesukaan pelanggan.
  • Segmentasi nilai atau manfaat: Pengelompokan konsumen ini didasarkan pada pandangan konsumen terhadap nilai atau manfaat suatu produk. Dengan kata lain, segmentasi ini didasarkan pada anggapan konsumen terhadap kelebihan produk.
  • Segmentasi konsumen baru: Pelanggan baru dapat dibedakan menjadi pelanggan yang belum melakukan pembelian dan pelanggan yang sudah sekali atau dua kali melakukan pembelian. Pelanggan baru tersebut akan dibagi lagi berdasarkan tingkat keterlibatan terhadap produk.
  • Segmentasi konsumen tetap: Pembagian pelanggan tetap akan didasarkan pada frekuensi kunjungan, frekuensi pembelian, dan alasan melakukan pembelian.

Setelah mengetahui jenisnya, Anda pun perlu mengetahui fungsi segmentasi konsumen. Salah satu fungsinya adalah meningkatkan daya saing perusahaan sehingga tetap bertahan meskipun banyak kompetitor bisnis. Segmentasi juga mendukung kemampuan untuk terus berkembang. Di samping itu, adanya segmentasi juga akan meningkatkan retensi konsumen sehingga terciptalah loyalitas. Terakhir, segmentasi juga dapat menjadi upaya untuk mendukung optimasi harga produk.

Dengan beragam fungsi dan manfaat, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk mencari tahu cara menentukan segmentasi pelanggan. Apakah Anda juga demikian?