Seluk Beluk Niche Market: Manfaat hingga Cara Menentukannya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Seluk Beluk Niche Market: Manfaat hingga Cara Menentukannya

Niche market adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keuntungan dalam berbisnis. Sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu tahu apa itu niche market? Niche market adalah kelompok konsumen yang lebih spesifik sehingga potensial untuk melakukan pembelian. Dengan kata lain, niche market disebut juga dengan target pasar spesifik. Perusahaan perlu menentukan niche market karena membawa beberapa manfaat sebagai berikut.

  1. Membuat persaingan bisnis tidak ketat

    Saat target pasar ditentukan dengan spesifik, tentunya akan mengurangi persaingan. Hal ini terjadi karena tidak banyak bisnis yang memiliki target spesifik yang sama persis. Namun, seiring berjalannya waktu tentu akan muncul pebisnis dengan target spesifik sama.

  2. Menjadikan lebih fokus dalam berbisnis

    Dengan menentukan target pasar yang spesifik, perusahaan juga akan lebih fokus dalam berbisnis. Pasalnya, konsumen yang dihadapi sudah jelas sehingga perusahaan dapat menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  3. Membuat lebih banyak dikenal orang

    Perusahaan dengan kompetitor yang sedikit tentu menjadikannya lebih banyak dikenal orang. Hal sebaliknya terjadi bila jumlah kompetitor sangat banyak. Konsumen pun akan sering merekomendasikan produk perusahaan ke orang terdekat.

Baca juga: 6 Sumber Modal Bisnis untuk Perusahaan Anda!

Cara Menentukan Niche Market dengan Tepat

Istilah target pasar spesifik seringkali disandingkan dengan mass market. Mass market berarti target pasar yang luas. Selain dari definisi, cara menentukannya juga berbeda. Berikut ini adalah cara menentukan target pasar spesifik dengan tepat.

1. Menemukan minat

Langkah awal yang dilakukan adalah menemukan minat. Tahapan ini patut dilakukan bagi Anda yang baru ingin memulai berbisnis. Dengan memilih bidang bisnis yang digemari, kemungkinan besar saat menjalankannya akan lebih menyenangkan.

2. Mengidentifikasi kebutuhan konsumen

Setelah itu, Anda perlu menentukan siapa yang seharusnya menjadi target pasar bisnis. Kemudian, identifikasi kebutuhan konsumen dengan mencari tahu kebutuhan mereka atau permasalahan yang sering dihadapi terkait produk yang ditawarkan.

3. Meriset persaingan

Yang tidak boleh luput dari langkah Anda dalam menentukan target pasar adalah meriset persaingan. Anda perlu melakukan pengawasan terhadap kompetitor. Hal ini bertujuan untuk melihat kelemahan sekaligus keunggulan kompetitor agar mampu bersaing dengan baik.

4. Melakukan tes pasar

Terakhir, Anda perlu melakukan tes pasar terhadap target pasar spesifik yang telah ditentukan. Jika sesuai tentu, pendapatan perusahaan Anda akan meningkat. Namun, jika salah, Anda harus melakukan evaluasi apakah penentuan target pasar telah tepat.

Ikutilah langkah-langkah tersebut agar Anda mendapatkan manfaat maksimal dari penentuan target pasar spesifik. Jangan malu untuk menerima umpan balik karena dapat menjadi dasar untuk melakukan perbaikan.