Tahu Perbedaan SEO dan SEM? Cek jawabannya di sini!

Facebook
Twitter
LinkedIn
seo dan sem

Istilah SEO dan SEM menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam menjalankan bisnis. Apa itu SEO dan SEM? SEO dan SEM adalah bentuk strategi pemasaran digital. Kepanjangan SEO dan SEM adalah Search Engine Optimization serta Search Engine Marketing. Sudah tahukah Anda perbedaan SEO dan SEM?

Ketahui Perbedaan SEO dan SEM

SEO adalah bentuk optimasi website bisnis supaya dapat muncul di peringkat atas di halaman pencarian. Jika website muncul di halaman awal, kemungkinan besar website tersebut akan banjir pengunjung. Untuk memaksimalkannya Anda harus memahami apa itu On-Page SEO dan Off-Page SEO. 

Baca Juga: 4 Manfaat Penerapan Unique Selling Point dalam Berbisnis

SEO On-Page dapat dimaksimalkan dengan berbagai cara seperti berikut.

  1. Menggunakan target keyword di judul artikel, meta description, dan lainnya.
  2. Merapikan format alamat URL halaman website.
  3. Mengoptimalkan kecepatan pemuatan halaman website.
  4. Mengintegrasikan media sosial dengan konten.

Sementara itu, SEO Off-Page dapat dimaksimalkan dengan cara seperti berikut.

  1. Membuat backlink berkualitas senatural mungkin.
  2. Menerapkan Local SEO.

Sementara itu, SEM adalah bentuk pemasaran di internet dengan tujuan untuk mempromosikan website. Dengan SEM, visibilitas website dapat ditingkatkan sehingga halaman website muncul di halaman awal bagian atas mesin pencarian. SEM dapat juga menyertakan penelusuran berbayar, seperti daftar bayar per klik (Pay per Click) dan iklan berbayar seperti Google Ads.

Dengan demikian dapat dirumuskan bahwa SEO berfokus untuk meningkatkan jumlah pengunjung website dengan tujuan agar website berada di peringkat teratas di halaman pencarian. Hal ini akan berdampak baik pada brand karena akan makin dikenal yang pada akhirnya produk juga akan dilirik oleh masyarakat luas. Sementara itu, SEM memiliki jangkauan yang lebih besar karena berupa pemasaran online. SEM pun dapat dikatakan menyangkut kegiatan SEO.

Meski demikian, SEO yang dilakukan secara organik tidak memerlukan biaya, sedangkan SEM mengharuskan perusahaan untuk membayar biaya iklan. Di samping itu, hasil dari proses kegiatan SEO cenderung lebih lama daripada SEM. Kemudian, website yang dioptimasi dengan SEO bisa naik turun pada kurun waktu tertentu karena banyak faktor.

Jadi, lebih baik menerapkan yang yang mana? Anda bisa menerapkan keduanya secara bersamaan. Dengan SEO, Anda tidak membutuhkan biaya yang besar. Sementara itu, SEM memiliki proses yang lebih cepat.