7 Sistem Bisnis untuk Mengelola Perusahaan, Sudah Tahu?

Facebook
Twitter
LinkedIn
sistem bisnis

Suatu perusahaan membutuhkan sistem bisnis agar dapat berjalan dengan lancar. Ada beragam jenis sistem yang bisa diterapkan dalam sebuah perusahaan. Sebelum membahas jenisnya, alangkah baiknya kita membahas pengertian sistem bisnis.

Sistem bisnis adalah serangkaian proses yang digunakan untuk menyokong kegiatan di perusahaan supaya dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Perusahaan harus mulai memikirkan cara membangun sistem bisnis agar mudah juga dapat mengadakan kerja sama dengan relasi. 

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis Model Bisnis, Mana Pilihan Anda?

Jenis Sistem Bisnis untuk Mengelola Perusahaan

Setelah mengetahui definisinya, Anda perlu mengenal juga jenis-jenis sistem yang bisa diterapkan di sebuah perusahaan. Hal ini akan membantu Anda menentukan pilihan sistem yang paling tepat untuk perusahaan. Berikut ini adalah pilihannya.

Sistem Inventaris

Sistem ini berkaitan dengan tata kelola persediaan yang ada di perusahaan. Adanya sistem inventaris menjadikan stok barang di gudang perusahaan terkelola dengan lebih efektif. Anda akan lebih mudah mengetahui jumlah persedian barang yang sudah habis sehingga restock lebih teratur.

Sistem Piutang

Sistem piutang akan membantu perusahaan dalam memonitor aliran uang. Dengan sistem ini akan membuat perusahaan memiliki data terkait pihak-pihak yang berhutang perusahaan.Data tersebut bisa disusun dalam bentuk laporan bulanan terkait pengelolaan perusahaan.

Sistem Utang Usaha

Berbanding terbalik dengan sistem piutang, sistem ini akan membantu melacak utang yang dimiliki perusahaan. Dalam sistem ini berisi informasi tentang nominal utang, asal utang, hingga tanggal jatuh tempo. Hal ini dapat menjadi pengingat bagi perusahaan.

Sistem Operasional

Sistem operasional akan mendukung perusahaan dalam menjalankan aktivitas produksi. Dengan sistem operasional, kegiatan di perusahaan akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Contoh sistem operasional adalah teknis perekrutan karyawan dan pelaksanaan tugas harian.

Sistem Point of Sales

Perusahaan tentu melakukan transaksi jual beli atas suatu barang. Jika tidak ada sistem point of sales bisa jadi terjadi ketidakberaturan dalam menjalankan transaksi, terutama perihal pembayaran. Oleh karena itu, sistem ini disebut juga sebagai kasir perusahaan.

Sistem Personalia

Suatu perusahaan tentunya terdiri dari banyak sumber daya manusia. Tanpa adanya sistem personalia, bisa jadi akan terjadi banyak pelanggaran. Sistem ini dapat digunakan untuk mengatur jam kerja, izin dan cuti karyawan, hingga pemenuhan hak karyawan.

Sistem ERP

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sistem yang cocok untuk perusahaan bisnis. Jenis sistem ini berupa perangkat lunak yang berisi gabungan informasi. Anda bisa mengatur keuangan, proyek perusahaan, produksi, hingga sumber daya manusia.

Akan lebih baik jika sistem-sistem tersebut diterapkan secara bersamaan dalam suatu perusahaan. Hal ini bertujuan agar terjadi keseimbangan dalam perusahaan di semua bidang dan divisi.