Sistem ERP: Kenali Cara Kerja dan Keunggulannya bagi Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
Sistem ERP: Kenali Cara Kerja dan Keunggulannya bagi Bisnis

Apa itu sistem ERP? Enterprise Resource Planning System atau sistem ERP adalah konsep yang berisi perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan. Sistem tersebut berwujud aplikasi yang terintegrasi yang dirancang untuk melayani dan mendukung beragam fungsi di perusahaan.

Sistem ini mempunyai dashboard yang berisi data realtime yang telah dikumpulkan untuk mengukur tingkat produktivitas dan keuntungan yang diperoleh perusahaan. Kumpulan data dan informasi dalam sistem ini dapat membantu untuk mengembangkan bisnis serta mencapai tujuan dengan lebih efektif.

Baca juga: Tips Mudah Membuat Proyeksi Keuangan untuk Bisnis

Keunggulan Sistem ERP bagi Perusahaan

Perusahaan menggunakan jenis sistem ini tentunya karena merasakan manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa keunggulan sistem ERP bagi sebuah perusahaan.

1. Memiliki integritas bisnis dan akurasi data yang lebih baik

Adanya sistem ini akan menjadikan data yang dimiliki perusahaan lebih terpelihara. Bahkan, sistem ini dapat membantu melakukan pembaharuan data secara realtime atau sesuai dengan terjadinya transaksi. Di samping itu, sistem ini juga meminimalkan adanya kesalahan pengetikan dan duplikat data.

2. Merencanakan dan manajemen sistem informasi lebih terkelola

Sebuah perusahaan tidak bisa dilepaskan dengan yang namanya perencanaan dan manajemen. Untuk mempermudah, sistem ini memiliki beberapa fitur-fitur simulasi. Dengan begitu, perusahaan bisa melakukan perencanaan dan pengelolaan sumber daya yang dimiliki, baik manusia maupun barang.

3. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan

Efisiensi dan produktivitas perusahaan juga dapat meningkat berkat adanya sistem ini. Hal ini karena pemesanan, pengiriman, pemenuhan pasokan, manajemen kas, hingga penjualan dapat diperbaharui sesuai dengan waktu terjadinya transaksi dan kegiatan di perusahaan.

4. Membentuk stardardisasi prosedur perusahaan

Enterprise Resource Planning System sesuai dengan proses praktik dunia kerja internasional. Tidak mengherankan jika sebuah perusahaan menerapkannya berarti perusahaan tersebut telah membentuk strandardisasi prosedur perusahaan sesuai dengan standar internasional.

5. Menghemat biaya operasional

Sistem ini dikatakan juga mampu menghemat biaya operasional karena dapat mengantisipasi kendala atau kerusakan yang mungkin terjadi. Di samping itu, sistem ini akan membantu mempercepat dalam menyelesaikan pekerjaan di perusahaan sehingga dapat mengurangi lead time.

6. Meningkatkan keamanan data

Tidak sekadar mengelola data dengan lebih baik, ERP dapat juga meningkatkan keamanan data. Pasalnya, ERP memiliki mempunyai firewall dan kontrol pembatasan sehingga pelanggaran dapat dicegah. Perusahaan dapat menyembunyikan data penting dengan sistem ini.

7. Membuat prakiraan bisnis lebih akurat

ERP dapat juga membantu membuat perkiraan bisnis menjadi lebih akurat. Hal ini karena keputusan yang hendak diambil perusahaan didasarkan pada laporan sehingga bisa tepat sasaran.

Sudahkah siap menerapkan sistem ERP pada perusahaan Anda? Pertimbangkanlah sistem ini untuk meningkatkan perusahaan Anda!