Sistem HRIS: Pahami Lebih Dalam Fitur dan Manfaatnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Sistem HRIS: Pahami Lebih Dalam Fitur dan Manfaatnya

Apa itu sistem HRIS? HRIS merupakan singkatan dari Human Resource Information System. Oleh karena itu, sistem HRIS adalah sistem yang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia. Pengelolaan tersebut berkaitan dengan data karyawan, penggajian, rekrutmen karyawan baru, hingga pelatihan dan pengembangan skill karyawan.

Perusahaan tentu menginginkan sistem HRIS terbaik untuk diterapkan. Sistem yang baik tentu memiliki fitur-fitur yang lengkap. Biasanya, fitur yang ada pada HRIS adalah presensi yang dapat digunakan untuk memantau kehadiran karyawan, pengajuan cuti dan izin, serta jam lembur karyawan. Kemudian, ada juga fitur payroll yang memudahkan karyawan menghitung besaran gaji karyawan hingga ke proses transfer.

Fitur lainnya yang bisa ditemukan di HRIS adalah rekrutmen karyawan. Fitur ini akan membantu perusahaan untuk menerima lamaran hingga penjadwalan seleksi dan wawancara terhadap calon karyawan baru. Di samping itu, ada fitur database yang akan membantu pencatatan administrasi karyawan perusahaan.

Baca juga: Belajar Copywriting Kenali 6 Aturan Dasar dalam Membuatnya

Manfaat Sistem HRIS untuk Perusahaan

Dari fitur-fitur yang ada pada sistem HRIS, tentu ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan jika menerapkannya. Adapun manfaat yang bisa dirasakan perusahaan adalah sebagai berikut.

1. Data karyawan lebih terkelola

Sebuah perusahaan yang tumbuh dan berkembang pastinya lama-kelamaan akan memiliki banyak karyawan. Banyaknya karyawan tentu akan menambah data administrasi juga menumpuk. Adanya HRIS akan memudahkan perusahaan untuk mengelola data karyawan.

2. Memudahkan rekrutmen karyawan

Tidak sekadar pengelolaan data karyawan yang mudah, perusahaan juga akan dimudahkan dalam perekrutan dan seleksi karyawan baru. Hal ini karena penyebaran informasi lowongan pekerjaan dan pengumpulan lamaran akan lebih mudah dilakukan. Bahkan, ada fitur untuk membuat jadwal wawancara dan tes seleksi.

3. Penggajian lebih teratur

Penggajian karyawan menjadi hal yang krusial. Jika jumlah karyawan banyak, tidak menutup kemungkinan ada kekeliruan atau kesalahan dalam melakukan penggajian. HRIS akan membantu mengurangi risiko tersebut karena dapat membantu penghitungan gaji termasuk tunjangan dan potongan.

4. Kehadiran karyawan terkontrol

Kehadiran karyawan menjadi salah satu faktor penting dalam menghitung gaji. Karena itulah, HRIS juga mempertimbangkan kehadiran dalam penggajian. Potongan juga akan diterapkan jika karyawan terlambat, izin, atau tidak masuk kerja.

5. Mudah membuat perencanaan pelatihan

Pelatihan dan pengembangan skill penting bagi karyawan. Jika keterampilan karyawan berkembang, mereka akan memberikan kinerja yang bagus sehingga berdampak baik pula untuk perusahaan. HRIS dapat dimanfaatkan untuk merencanakan dan mengorganisasi program pelatihan untuk karyawan.

Dengan segudang manfaat tersebut, apakah Anda tidak ingin menerapkannya di perusahaan?