Tingkatkan Bisnis dengan Menerapkan Strategi Pemasaran 4P

Facebook
Twitter
LinkedIn
strategi pemasaran 4p

Strategi pemasaran 4P produk menjadi salah satu strategi pemasaran yang populer. Lantas, apa yang dimaksud strategi pemasaran 4P? Strategi pemasaran 4P adalah strategi pemasaran yang terdiri dari empat unsur atau elemen, yaitu product, price, place, dan promotion. Strategi ini kerap pula disebut sebagai marketing mix 4P.

Awal mulanya, konsep pemasaran ini dicetuskan oleh Neil Borden yang menunjukkan bahwa perusahaan dapat melibatkan pelanggan dalam mempromosikan produk. Karena dianggap berpengaruh terhadap dunia bisnis, banyak yang mulai menyempurnakan dan mengembangkannya. 

Tujuan dari penerapan strategi pemasaran ini adalah membantu perusahaan dalam menentukan pilihan marketing yang tepat. Utamanya, dalam memilih jenis produk, harga produk, cara promosi, hingga tempat untuk berjualan. Yang pada akhirnya, tujuannya adalah memenuhi kebutuhan pelanggan dengan efektif.

Penerapan Strategi Pemasaran 4P

Karena terdiri dari empat elemen, Anda perlu memahami keempat elemen tersebut jika hendak menerapkannya. Memang apa pentingnya strategi pemasaran yang satu ini? Dengan menerapkan strategi pemasaran ini, bisnis yang Anda jalani akan berhasil karena bisa memaksimalkan elemen-elemen penting dalam bisnis.

Baca Juga: 5 Manfaat Komunikasi Pemasaran Beserta Contohnya

Product

Produk berkaitan dengan apa yang hendak ditawarkan kepada pelanggan. Produk dapat berupa barang, jasa, atau software dan aplikasi. Anda bisa mempertimbangkan kebutuhan pelanggan sehingga bisa laku di pasaran. Selain itu, produk juga harus memiliki keunikan dan keunggulan dari produk lain agar mampu bersaing dengan kompetitor.

Price

Harga mengacu pada berapa nilai yang ditetapkan untuk sebuah produk. Harga tidak sekadar mendorong konsumen untuk membeli, tetapi juga berkaitan dengan keuntungan yang akan didapatkan. Oleh karena itu, agar mendapatkan harga produk yang tepat, Anda bisa melakukan riset di pasar serta mempertimbangkan besarnya biaya produksi.

Place

Lokasi bisnis yang Anda jalankan juga menjadi elemen penting yang harus diperhatikan. Anda harus memastikan bahwa konsumen mudah menjangkau lokasi bisnis Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda membangun bisnis di dekat target pasar. Jika tidak demikian, Anda perlu mempertimbangkan lokasi distribusi produk sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Promotion

Promosi berkaitan dengan cara memasarkan produk. Anda bisa melakukan promosi dengan beragam cara, terlebih di era digital seperti sekarang. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mempromosikan produk sehingga jangkauan pasarnya lebih luas. Misalnya saja, Anda membuat konten iklan kemudian memasangnya di website atau media sosial perusahaan.

Jika Anda masih bingung, kami akan memberikan contoh strategi pemasaran 4P. Apabila Anda ingin membuka bisnis di bidang skincare, Anda bisa menentukan produk terlebih dahulu. Penentuan produk ini bisa didasarkan pada target konsumen Anda. Bila target Anda remaja, Anda bisa membuat produk yang cocok untuk kulit remaja.

Kemudian, pastikan bahwa harganya sesuai dengan uang jajan remaja. Anda bisa menjualnya secara online karena remaja sebagian besar memiliki gawai. Kemudian, buatlah promosi dengan konten kekinian yang relevan dengan produk yang ditawarkan.